Cara Mengatur Durasi Foto di TikTok
Cara Mengatur Durasi Foto di TikTok

Mudah Banget! Beginilah Cara Mengatur Durasi Foto di TikTok

Cara mengatur durasi foto di Tiktok sebenarnya terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, sebagai pemula atau pengguna baru tentunya masih asing dengan hal tersebut. Nah, jika kamu termasuk pengguna pemula aplikasi TikTok yang masih bingung tentang cara mengatur durasi foto, simak sampai selesai penjelasannya berikut ini.

Tiktok saat ini menjadi salah satu platform media sosial yang digandrungi banyak orang. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa pun tak ketinggalan menggunakan aplikasi tersebut. Sebagai sarana hiburan, kerap kali pengguna sering menggunakan TikTok untuk mengupload konten yang menarik. Tak hanya itu, terkadang konten kreator juga memanfaatkan TikTok untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Walaupun sudah banyak yang menggunakan aplikasi tersebut, tentunya juga masih ada sebagian orang yang masih bingung memanfaatkan fitur didalamnya. Salah satunya yaitu mereka masih belum fasih untuk membuat konten menarik yaitu seperti mengedit durasi foto. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk hal tersebut.

Ketahui Cara Mengatur Durasi Foto di TikTok

Pengguna aplikasi TikTok semakin hari kian meningkat. Sehingga tak heran aplikasi TikTok ini menjadi semakin populer. Mereka memanfaatkan aplikasi tersebut untuk membagikan berbagai konten menarik. Walaupun begitu, ada juga banyak pengguna yang hanya melihat kontennya saja tanpa harus mengikuti trend yang ada.

Namun tak jarang juga pemula yang ingin mencoba untuk membuat konten yang menarik. Tetapi biasanya pemula selalu mengalami kesulitan untuk mengedit konten yang akan diupload melalui TikTok. Salah satunya yaitu kesulitan tentang bagaimana cara mengatur durasi foto di TikTok.

Dalam aplikasi TikTok ini telah disediakan dua durasi untuk membuat konten video. Yakni terdiri dari durasi 15 detik serta durasi 60 detik. Jadi buat para pengguna baru seperti kamu sebaiknya mengedit video menjadi slideshow dengan menggunakan durasi 15 detik. Namun jika kamu sudah mahir menggunakannya dan menginginkan durasi yang lebih lama, bisa juga mencoba menggunakan durasi yang 60 detik. Nah, buat para pemula yang ingin mengetahui cara mengatur durasi foto di TikTok, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah pengaturan untuk durasi foto di TikTok
  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu buka aplikasi TikTok.
  2. Apabila sudah, pilih lagu yang kamu ingin dijadikan backsound pada konten yang akan dibuat. Kamu dapat memilihnya dari beranda atau FYP Tiktok yang dirasa menarik.
  3. Apabila sudah, cara mengatur durasi foto di TikTok selanjutnya kamu perlu menyimpan lagu yang kamu pilih tersebut.
  4. Selanjutnya, silahkan kembali lagi ke beranda TikTok, lalu klik ikon “+” di bagian bawah layar.
  5. Setelah itu, pilih opsi “unggah”, lalu pilih satu video serta beberapa foto yang ingin dijadikan konten.
  6. Kemudian, silahkan klik opsi “Berikutnya”.
  7. Nah, cara mengatur durasi foto di TikTok yang berikutnya kamu perlu memasukkan lagu yang telah kamu simpan tadi. Untuk caranya yaitu klik “Lainnya”.
  8. Setelah itu, silahkan pilih opsi “Favorit” lalu klik judul lagu yang telah kamu simpan tadi.
  9. Untuk berikutnya, klik ikon “Centang”, maka secara otomatis lagu tersebut akan masuk ke dalam video kamu.
  10. Dan yang terakhir, kamu hanya perlu menyesuaikan bitnya dengan cara memilih ikon “Sesuaikan klip”.

Jadi begitulah cara mengatur durasi foto di TikTok yang bisa langsung kamu coba. Sangat mudah bukan? sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk membuat konten tersebut. Namun, jika kamu menginginkan durasi foto TikTok untuk konten yang lebih panjang simak tata caranya di bawah ini.

Tata Cara Mengatur Durasi Foto untuk Konten yang Panjang

Terkadang ada beberapa orang yang menginginkan durasi konten mereka menjadi lebih panjang. Biasanya hal tersebut untuk menampilkan konten seperti menceritakan berita, tips dan trik suatu hal, maupun pembahasan lainnya yang melibat foto. Nah, berikut ini langkah-langkah untuk mengaturnya.

Resetting Durasi

Pada umumnya aplikasi TikTok hanya menyediakan durasi video hanya 15 detik dan 60 detik. Sehingga jika kamu menginginkan durasi yang lebih panjang lagi maka perlu melakukan resetting durasi. Berikut ini cara mengatur durasi foto di TikTok untuk konten yang panjang.

  1. Pertama-tama buka aplikasi TikTok terlebih dahulu, lalu klik ikon “+” di bagian bawah.
  2. Setelah itu, pilih durasi 60 detik untuk pilihan waktu yang pertama pada unggahan video.
  3. Apabila sudah, silahkan klik “next” untuk memulai pengeditan video tersebut.
  4. Setelah itu, kamu dapat menggeser slide (kotak putih yang ada di kolom video) ke kolom 3 menit.
  5. Selanjutnya, klik ikon centang, dan video kamu sudah terunggah dalam durasi 3 menit.
  6. Kamu juga dapat menerapkan metode simulasi untuk melihat hasil editannya terlebih dahulu sebelum di upload. Setelah dirasa puas dengan editan tersebut, kamu bisa langsung menguploadnya ke TikTok dengan cara klik “unggah”.

Jadi begitulah cara mengatur durasi foto di TikTok dalam konten yang panjang yang perlu kamu perhatikan. Selanjutnya jika kamu masih bingung tentang cara membuat slide foto yang akan diedit tersebut, simak serangkaian langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah-Langkah Membuat Slide Foto di TikTok

Video slideshow ini dibuat dengan menggunakan beberapa foto atau gambar yang digabungkan menjadi sebuah konten. Cara untuk membuatnya sebenarnya juga terbilang mudah, namun tentu saja ada beberapa pengguna yang belum paham tentang cara membuatnya. Nah, buat kamu yang belum paham atau bingung tentang hal tersebut, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama-tama, silahkan buka aplikasi TikTok terlebih dahulu.
  2. Apabila sudah, kamu perlu menekan ikon “+” di bagian bawah layar tersebut.
  3. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih opsi menu “Photos templates” yang disediakan.
  4. Nah, untuk memilih template, kamu dapat melakukan swipe lalu tekan “Select Photos”.
  5. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu memilih foto yang ingin kamu jadikan konten di TikTok.
  6. Untuk berikutnya, silahkan klik opsi “OK”, lalu kamu akan diarahkan ke tahap pengeditan.
  7. Kamu dapat mengeditnya sesuai selera, bisa dengan menambahkan teks, filter, dan lain sebagainya.

Untuk berikutnya, kamu juga perlu mengetahui langkah-langkah untuk mengendalikan durasi pada konten kamu. Nah, yuk langsung saja simak panduan langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah-langkah Mengendalikan Durasi Foto di Tiktok

Untuk pengaturn durasi foto, langkahnya sebagai berikut:

1. Setting Ulang Durasi Video

Ketika record video, tentunya kamu bisa mengendalikan ulang durasi video tersebut. Misalnya awal mula video kamu berdurasi 15 detik lalu diubah menjadi 1 menit. Dengan begitu, nantinya kamu tidak perlu mencemaskan jika video yang kamu rekam lebih dari durasi yang ditentukan.

2. Replikasi

Sebelum memperkirakan durasi video yang akan kamu jadikan konten, sebaiknya lakukan replikasi terlebih dahulu. Hal tersebut perlu kamu lakukan guna untuk membuat video yang kamu edit sesuai dengan durasi yang ditentukan.

Demikian informasi mengenai cara mengatur durasi foto di TikTok yang bisa langsung kamu terapkan untuk membuat konten. Jika menginginkan konten kamu menjadi FYP, silahkan mencari referensi di internet untuk hal tersebut. Untuk itu, selamat mencoba dan buatlah konten yang bermanfaat serta memberikan hiburan untuk banyak orang.