Cara Restart HP Vivo Yang Hang atau Terkunci

Cara Restart HP Vivo Yang Hang atau Terkunci Tanpa Aplikasi

Mahtekno.com – Apakah kalian pengguna snartphone Vivo ? apakah sejauh ini hp kalian baik – baik saja ? jika hp kalian mengalami banyak masalah dan salah satunya adalah hang atau terkunci maka di kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang cara mengatasinya. Pada umumnya semua hp juga akan mengalami hang jika tidak di rawat terutama dalam penggunaannya sehingga kami rasa kalian perlu mengetahu cara mengatasinya dan juga sebab – sebabnya. Nah, untuk kalian yang menggunakan hp Vivo, maka di kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan kalian tentang cara restart hp vivo yang hang atau terkunci.

Perlu kalian ketahui nih, sebenarnya untuk mengatasi hp Vivo hang ini sangat mudah, namun bagi sebagian orang yang memang baru menggunakan ho Vivo tentu saja akan merasa panik. Jika saat ini kalian mengalami hal ini sebaiknya kalian mengetahui kenapa hp Vivo menjadi hang, hal ini sebagai langkah agar kalian tidak terlalu cemas saat hp mengalami hang.

Penyebab HP Vivo Mengalami Hang

Penyebab HP Vivo Mengalami Hang.jpg

Untuk salah satu penyakit pada smartphone adalah hang alias mati. Hang atau mati tiba – tiba tentu saja membuat si pengguna merasa was – was karena saat itu pula hp tidak bisa di gunakan. Meskipun terkadang dalam kondisi ini hp masih menyala dengan warna polos, namun terkadang juga hang itu langsung mati seketika. Di antara penyebabnya adalah sebagai berikut ini.

1.Terlalu Banyak Aplikasi Yang Didownload

Salah satu penyebab hp Vivo hang adalah karena ada banyak sekali aplikasi yang di download pada smartphonenya. Disini kita berbicara terutama di bagian RAM. RAM adalah memori yang bisa menampung banyaknya aplikasi yang di download pada smartphone sehingga jika jumlahnya semakin banyak maka ukuran RAM akan semakin kecil dan terkuras, jika ini berlangsung terus menerus maka kinerja smartphone itu sendiri akan semakin lemah.

Jika aplikasi yang di download oleh si pengguna semakin banyak, maka lama kelamaan hp tersebut akan mengalami hang. Maka dari itu silahkan kontrol penggunaan aplikasi misalnya untuk apk yang sudah tidak digunakan segera di hapus dan ganti dengan apk yang baru begitu seterusnya.

Jika memang aplikasi yang ada pada smartphone kalian terlalu banyak maka solusi terbaik adalah dengan cara menghapus aplikasi – aplikasi yang memang tidak di butuhkan lagi.Nah,

2. Adanya Bug di HP Vivo

Sistem Vivo selalu aktif dan ini membuat terkadang bug masuk tiba – tiba. Saat ada bug yang masuk pada smartphone akan membuat hp Vivo kalian mengalami hang. Bug sendiri semacam virus yang saat masuk di ponsel kalian maka kinerja hp akan langsung berhenti.

Biasanya bug sendiri terjadi saat setelah kalian melakukan aktivitas pada smartphone yag di gunakan yang di sebabkan entah itu setelah kalian mengunjungi sebuah browser, mendownload aplikasi, atau memasang ada serangan tiba – tiba.

Solusi untuk mengatasi bug ini adalah kalian bisa menghapus cache atau sampah pada smartphone Vivo kalian.

3. Terkena Malware Atau Virus

Selanjutnya untuk salah satu penyebab dari hp Vivo yang mengalami hang adalah karena adanya serangan virus atau malware. Biasanya virus ini akan di tanamkan pada sebuah aplikasi atau situs yang saat di gunakan atau di kunjungi setelah itu virus yang di tanamkan di sana akan masuk di perangkat yang kalian gunakan dan akan merusak sistem kinerja ponsel kalian.

Hal yang paling di khawatirkan adalah saat adanya virus masuk di smartphone vivo kalian adalah adanya penyadapan data sehingga jika di ponsel kalian terdapat data – data yang penting, tentu saja ini akan berbahaya karena data kalian bisa saja di curi. Namun tidak sedikit pula virus ini akan menyebabkan hp Vivo kalian menjadi hang.

Untuk pertolongan pertama dan jangka panjang, maka kalian perlu menggunakan aplikasi anti virus. Aplikasi anti virus sendiri saat ini sudah banyak di temui di play store yang mana kalian bisa mendapatkannya secaa gratis.

4. Memori Internal Terkuras Habis

Saat memori internet tidak lagi kuat menampung banyaknya file yang di download atau di simpan, maka hp juga akan mengalami hang dan ini akan membuat hp kalian mengalami hang yang cukup pajang. selama data – data atau aplikasi yang ada di smartphone tidak segera di hapus maka biasanya akan terjadi hang selanjutnya.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah segera menghapus aplikasi atau file yang memang sudah terpakai lagi, dengan begitu sistem kinerja akan semakin lancar dan bisa bekerja seperti semula.

Nah, itulah penyebab – penyebab yang sering terjadi pada smartphone HP Vivo sehingga membuatnya hang. Lalu apakah ada cara lain selain solusi yang langsung di jelaskan di atas ? Tenang saja, masih ada banyak cara yang bisa kalian lakukan di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Cara Mengatasi HP Vivo Hang Atau Mati

Cara Mengatasi HP Vivo Hang Atau Mati

Untuk mengatasi hp Vivo hang ternyata bisa di lakukan dengan banyak cara di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1.Restart

Bisa di katakan hp yang hang dapat di atas dengan sangat mudah, salah satu caranya adalah dengan cara melakukan restart. Untuk kalian yang saat ini menggunakan hp Vivo maka bantuan pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan cara melakukan restart.

Restart sendiri bisa di lakukan dengan sangat mudah dimana kalian hanya cukup menekan tombol power dan volume secara bersamaan, lalu tunggu beberapa saat hingga hp kembali normal. Kurang lebih kalian harus menekan dan menahan tombolnya hingga 30 detik.

Apabila hp kalian memang hanya hang dan tidak ada penyakit atau error lainnya, maka smartphone akan segera pulih dan kembali menyala, namun jika memang ada kerusakan lainnya biasanya cara ini kurang work dan hp tetap mati.

2. Hapus Aplikasi Yang Error

Berikutnya aplikasi yang error juga bisa menyebabkan hang pada smartphone kalian, maka dari itu saat kalian menemukan aplikasi yang error segera hapus aplikasi yang error tersebut. Misalnya saja kalian pernah menggunakan aplikasi GB Whatsapp, alu aplikasinya sudah kadaluarsa sehingga kalian perlu mengupdatenya, saat kalian belum mengaupdate bisa jadi aplikasinya error dan kalian harus segera menghapusnya.

Namun terkadang dari aplikasi resmi juga bisa saja error sehingga kalian perlu melakukan penghapusan aplikasi atau melakukan uninstall. Adapun untuk caranya adalah sebagai berikut ini.

  • Klik ikon aplikasinya, misalnya saja Instagram.
  • Lalu klik ikon Instagramnya tunggu beberapa saat hingga muncu opsi hapus, unisntall dan lainnya.
  • Untuk menghapusnya silahkan pilih uninstall.
  • Maka dengan sendirinya aplikasi akan di copot dari pemasangan.
  • Selanjutnya kalian bisa masuk di menu setting, lalu pilih aplikasi terpasang, lalu pilih aplikasi instagram tersebut dan pilih Hapus Instalasi.
  • Selesai.

3. Mengupdate Software

Jika kedua cara di atas sudah kalian gunakan namun hasilnya tetap tidak bisa, maka kalian bisa menggunakan cara berikutnya yaitu mengupdate software pada perangkat android kalian. Untuk langkah – langkahnya adalah sebagai berikut ini.

  • Langkah pertama silahkan kalian pergi ke bagian setting.
  • Selanjutnya silahkan kalian pilih Pembaruan Sistem.
  • Lalu kalian akan melihat adanya pembaruan terbaru, jika kalian setuju maka pasang versi terbaru dengan mengklik “Pasang Sekarang”.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.

Pada saat kalian menggunakan cara ini maka sebaiknya untuk baterai yang ada pada smartphone kalian harus penuh, pasalnya ini adalah hal yang serius karena sistem adalah bagian yang sangat penting di hp Vivo, maka dari itu di sarankan agar baterai penuh sebelum melakukan cara ini.

4. Hapus Data di Ponsel Vivo

Selanjutanya untuk bis amemulihkan smartphone yang kalian miliki adalah dengan cara menghapus data pada smartphone kalian. Jika kalian setuju menyetel ke setelan pabrik adalah lebih baik, namun untuk menggunakan cara ini maka kalian harus bersiap – siap kehilangan semua data yang pernah di download oleh kalian.

Namun sebelum langkah terkahir tersebut, kalian bisa mencoba terlebih dahulu dengan melakukan factory reset. Untuk langkah menggunakan factory reset adalah sebagai berikut ini.

  • Pertama – tama silahkan kalian matikan smartphone Vivo yang kalian gunakan.
  • Selanjutnya silahkan tekan tombol power dan volume naik secara bersamaan.
  • Maka selanjutnya akan muncul logo dari hp vivo.
  • Berikutnya kalian tinggal menunggu sampai nantinya memasuki mode fastboot.
  • Jika kalian sudah masuk di menu Fastboot, silahkan pilih menu Reboot dan lalu pilih pula Recovery Mode ( mode pemulihan ) untuk caranya kalian bisa memilihnya dengan menekan tombol volume turun dan menekan ok dengan memilih tombol power.
  • Lanjutkan dengan memilih Clear Data, lalu pilih Clear All Data.
  • Selanjutnya pilih OK.
  • Sampai disini maka semua data akan di hapus dan semoga hp Vivo kalian bisa kembali pulih.

5. Pilih Setelah Pabrik

Jika semua cara yang sudah di share di atas masih saja belum bisa memulihkannya, maka mau tidak mau kalian harus menggunakan setelah pabrik. Untuk menggunakan hal ini, kalian tinggal mengikuti panduan berikut ini.

  • Masuk di menu settingan.
  • Lalu pilih setelah pabrik yang letaknya di bagian paling bawah.
  • Lalu klik, maka semua akan kembali ke setelan pabrik atau seperti kalian membeli hp Vivo saat pertama kali yaitu tidak ada aplikasi satupun selain aplikasi bawaan.
  • Namun cara ini akan menghilangkan data jadi kalian harus siap untuk kehilangan data.
  • Selamat mencoba.

Untuk melakukan hal ini, sebaiknya jauh – jauh hari kalian telah melakukan backup data sehingga saat di setelan pabrik maka data tidak hilang secara keseluruhan dan masih tersisa aplikasi atau file yang pernah kalian download.

Akhir Kata

Itulah Cara Restart HP Vivo Yang Hang atau Terkunci, kini kalian sudah memiliki ilmu untuk mengatasinya, semoga apa yang telah kami share buat kalian bisa membuat hp Vivo kalian kembali pulih dan tidak mengalami hang di kemudian hari. Silahkan pilih cara yang paling mudah terlebih dahulu, jika memang semua cara yang di share masih saja hang, maka solusi selanjutnya adalah dengan menggunakan setelan pabrik.

O iya sebaiknya kalian juga menghindari penyebab – penyebab dan Cara Restart HP Vivo Yang Hang atau Terkunci seperti yang telah di ulas di atas. Kami rasa hanya itu yang bisa di jelaskan, kini kalian tinggal mencobanya saja pada smartphone vivo yang kalian miliki yah, semoga berhasil.