Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati Total Baterai Tanam

6 Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati Total Baterai Tanam

Cara menghidupkan laptop Asus yang mati total baterai tanam perlu dicoba dan tidak harus buru-buru ke tempat service. Pada zaman sekarang, hampir setiap orang tidak bisa lepas dari penggunaan teknologi. Sebab, tak bisa dipungkiri lagi jika teknologi memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi kehidupan manusia. Apalagi hampir setiap aktivitas yang dilakukan seringkali bergantung terhadap teknologi.

Bagi para pekerja dan pelajar, salah satu teknologi yang banyak membantu yakni laptop. Dengan adanya laptop, pekerjaan dan tugas-tugas bisa menjadi lebih mudah terselesaikan. Meski dengan segala kelebihan dan kemudahannya, laptop juga bisa mengalami masalah atau kendala. Salah satu masalah yang biasanya dialami oleh para pengguna laptop yakni laptop yang mati total.

Laptop yang mati total tentunya akan terasa sangat menjengkelkan. Terlebih Anda memiliki laptop Asus yang mati saat sedang mengerjakan tugas cukup penting. Namun sebelum membawa laptop yang mati total ini ke tempat service, akan lebih baiknya jika memperbaiki laptop mati total terlebih dahulu.

Inilah 6 Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati Total Baterai Tanam Patut Dicoba

Seiring penggunaan laptop semakin hari semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Para produsen laptop berupaya menghadirkan inovasi teknologi terbaru pada laptop Asus. Salah satu inovasi yang mulai digunakan pada laptop Asus yakni penggunaan baterai tanam. Inovasi baterai tanam pada laptop ini membuat ukurannya dan ketebalan menjadi lebih tipis serta lebih ringan daripada laptop generasi pertama. Kebanyakan kerusakan yang terjadi oleh pengguna laptop Asus yakni laptop yang mati total. Namun saat akan di charger tidak bisa dan yang terburuk laptop tersebut merupakan baterai tanam.

Terdapat banyak hal yang membuat laptop Asus mati dan tidak bisa dinyalakan. Penyebabnya kemungkinan karena ada komponen pada laptop sudah rusak, atau bisa juga salah memencet tombol. Untuk memperbaikinya, Anda perlu mengikuti tips untuk bisa menghidupkan laptop Asus tersebut. Berikut ini adalah cara mengatasinya.

Mencharge Laptop Tanpa dan dengan Baterai

Cara menghidupkan laptop Asus yang mati total baterai tanam yang bisa Anda coba yakni dengan menggunakan laptop tersebut dalam kondisi sedang di charge. Jika laptop bisa dihidupkan, namun kemudian mati lagi saat kabel charge dilepas, kemungkinan pada bagian baterai yang sudah bermasalah. Cara ini bisa juga Anda gunakan untuk mengetahui kondisi baterai yang memang habis atau tidak.

Namun jika laptop tetap tidak hidup, meskipun baterai tidak bermasalah. Ini berarti terjadi kerusakan pada kabel, konektor power, atau soket. Anda tentu ingin laptop tersebut bisa hidup kembali dengan sempurna. Sehingga Anda perlu melakukan penggantian baterai atau beberapa komponen eksternal. Saat akan melalukan penggantian baterai, akan lebih baik oleh tenaga ahli.

Melakukan Power Reset

Pengguna laptop biasanya akan melakukan power reset sebagai salah cara menghidupkan laptop Asus yang mati total baterai tanam. Cara ini digunakan saat mematikan laptop dengan prosedur yang salah, pada akhirnya terjadi kesalahan booting. Power reset salah satu upaya untuk menghentikan keseluruhan aliran listrik yang ada pada komponen laptop. Cara ini bisa Anda coba dengan catatan masih tampak adanya tanda-tanda layar blank atau blue screen. Jika Anda ingin mencobanya, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Hidupkan laptop tersebut terlebih dahulu. Jika perangkat sudah menyala, lalu muncul blue screen. Tekan dan tahanlah tombol power tersebut hingga laptop kembali mati.
  • Selanjutnya segera cabut baterai dan juga charger yang masih terhubung ke perangkat. Lepaskan juga beberapa komponen seperti RAM, Hard Disk, SSD, dan yang lain jika masih memungkinkan.
  • Kemudian diamkan laptop dalam kondisi kosong kurang lebih 30 menit. Saat¬† dirasa cukup, hubungkan dengan sumber daya dan pasang komponen seperti semula lagi.
  • Setelah itu, coba lagi untuk menghidupkan laptop Asus.

Mengecek Monitor Laptop

Cara menghidupkan laptop Asus yang mati total baterai tanam, jika ada tanda-tanda kehidupan saat menyalakan laptop. Misalnya monitor memantulkan cahaya blur atau lampu power masih menyala, ini artinya terjadi masalah pada monitor. Untuk memeriksa kerusakan pada monitor, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Lepaskan semua perangkat eksternal seperti USB dan lainnya yang masih terhubung ke laptop. Tujuannya agar bisa mengetahui perangkat tersebut yang jadi penyebab proses booting terkendala.
  • Setelah itu, dengarkan suara yang keluar dari mesin perangkat, seperti suara kipas. Jika ada dan monitor tetap tidak ingin hidup, ini artinya layar laptop Anda bermasalah.
  • Jika muncul cahaya atau layar berwarna abu-abu, maka penyebab utamanya laptop tidak nyala pada kesalahan bagian monitor.

Pilih Mode Booting Safe Mode

Jika masalah laptop mati total akibat gagal booting, maka terjadi kerusakan pada system perangkat. Untuk mengatasinya, maka bisa mencoba melakukan booting ke safe mode Windows. Cara untuk melakukan safe mode booting yakni sebagai berikut.

  • Cara hidupkan laptop dengan menggunakan tombol power seperti biasanya. Jika blue screen ataupun logo laptop masih terlihat, tekan tombol F8 berkali-kali hingga muncul menu.
  • Kemudian pilih Safe Mode yang terdapat pada menu tersebut.
  • Selanjutnya restart kembali laptop tersebut untuk mengetahui metode ini bisa menghidupkan laptop seperti semula.

Mengecek RAM dan Memori

Melakukan pengecekan pada RAM dan Memori juga termasuk bagian dari power reset. Cara menghidupkan laptop Asus yang mati total baterai tanam ini cukup mudah. Anda bisa mengetahui apakah terdapat tanda-tanda kerusakan atau masalah pada kedua komponen tersebut. Jika hanya karena kotor, maka bisa membersihkannya menggunakan tisu yang sudah dibasahi cairan khusus.

Tak hanya itu, Anda juga bisa bersihkan juga komponen lainnya seperti kuningan HDD atau SSD dan kuningan RAM. Anda bisa menggunakan karet penghapus atau minyak kayu putih. Namun jika ada kerusakan berupa memori retak, patah, tentu saja harus segera menggantinya sehingga laptop bisa hidup kembali.

Mengganti Komponen

Mungkin Anda sudah mencoba semua cara tersebut, namun laptop tidak menyala juga. Ini artinya kemungkinan besar ada masalah yang serius pada beberapa komponennya. Misalnya seperti komponen Motherboard, VGA, Processor, dan yang lainnya. Jika bagian komponen Motherboard mengalami kerusakan sehingga bisa membuat laptop mati total.

Menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam dengan ganti komponen, Anda bisa mengkonsultasikannya ke tukang service. Tujuannya agar bisa segera mengetahui komponen yang rusak dan bisa melakukan penggantian. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan laptop lebih nyaman untuk berbagai keperluan sehari-hari seperti sebelumnya.

Secara umum memang ada beberapa faktor yang membuat laptop mati sendiri. Bahkan cara menghidupkan laptop Asus yang mati juga akan berbeda, namun tergantung pada tingkat masalahnya. Kasus yang sering terjadi yakni mati lalu bisa hidup kembali, sampai mati total dan tidak ingin dihidupkan. Untuk itu, perlu pahami terlebih dahulu, penyebab laptop Asus bisa mati.

Ternyata ada cara menghidupkan laptop Asus yang mati total baterai tanam yang bisa dicoba dulu. Namun jika kerusakan dirasa memburuk, akan lebih baik segera konsultasikan dengan ahlinya.