Cara Membuat Link WA di Bitly

Cara Membuat Link WA di Bitly

Cara Membuat Link WA di Bitly – Bitly adalah sebuah layanan penyedia link pendek atau URL shortener. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk membuat link yang lebih singkat dan mudah diingat daripada tautan asli yang panjang. Dengan menggunakan Bitly, pengguna dapat memperpendek tautan URL dan juga melacak statistik tautan tersebut.

Pentingnya menggunakan link pendek dalam berbagi tautan WhatsApp (WA) Sebelum membahas tentang cara membuat link WA di Bitly, perlu dijelaskan mengenai pentingnya menggunakan link pendek saat berbagi tautan melalui WhatsApp (WA). Ketika kita membagikan tautan yang panjang melalui pesan WhatsApp, maka link tersebut akan terlihat memakan banyak ruang dalam percakapan. Hal ini dapat membuat percakapan menjadi tidak rapi dan sulit untuk dibaca.

Selain itu, tautan panjang juga sulit untuk diingat oleh penerima pesan. Oleh karena itu, menggunakan link pendek sangat dianjurkan saat berbagi tautan melalui WhatsApp. Salah satu layanan yang dapat digunakan untuk memperpendek link adalah Bitly.

Cara Membuat Akun Bitly

Sebelum dapat membuat link WA di Bitly, Anda perlu memiliki akun terlebih dahulu. Berikut adalah panduan pembuatan akun Bitly:

  1. Buka situs Bitly di www.bitly.com.
  2. Klik tombol “Sign Up” di sudut kanan atas halaman.
  3. Pilih cara untuk mendaftar, apakah menggunakan akun Google, Facebook, atau email.
  4. Jika memilih untuk mendaftar menggunakan email, isikan alamat email dan kata sandi pada kolom yang tersedia.
  5. Setelah itu, klik tombol “Sign Up”.
  6. Anda akan diminta untuk memasukkan informasi profil, seperti nama dan deskripsi. Isikan informasi tersebut sesuai dengan keinginan Anda.
  7. Setelah itu, klik tombol “Create Account”.
  8. Akun Bitly Anda telah berhasil dibuat.

Setelah berhasil membuat akun Bitly, Anda perlu memverifikasi alamat email yang digunakan. Bitly akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email yang telah didaftarkan. Cek email Anda dan ikuti instruksi yang tertera pada email tersebut.

Cara Membuat Link WA di Bitly

Cara Membuat Link WA di Bitly

Setelah memiliki akun Bitly, Anda dapat langsung membuat link WA dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs Bitly di www.bitly.com dan masuk ke akun Bitly Anda.
  2. Klik tombol “Create” di sudut kanan atas halaman.
  3. Masukkan tautan URL yang ingin Anda perpendek pada kolom yang tersedia.
  4. Setelah itu, klik tombol “Create” untuk membuat tautan baru.
  5. Bitly akan secara otomatis membuat link pendek baru untuk tautan yang Anda masukkan.
  6. Untuk mengubah link pendek menjadi link WA, tambahkan “wa.me/” di depan link pendek Bitly. Misalnya, jika link pendek Bitly adalah “bit.ly/abcdef”, maka link WA yang dapat dibagikan melalui pesan WhatsApp adalah “wa.me/bit.ly/abcdef”.
  7. Salin link WA yang sudah dibuat dan gunakan untuk berbagi tautan melalui pesan WhatsApp.

Tips untuk membuat link yang efektif:

  • Buatlah tautan yang mudah diingat dan singkat
  • Jangan gunakan huruf besar atau karakter khusus dalam tautan
  • Gunakan kata-kata yang jelas dan mudah dimengerti
  • Sertakan kata kunci terkait yang dapat membantu orang menemukan tautan Anda lebih mudah

Cara Menggunakan Link WA Bitly

Setelah membuat link WA di Bitly, Anda dapat langsung membagikannya melalui pesan WhatsApp. Berikut adalah cara menggunakan link WA Bitly:

  1. Salin link WA Bitly yang sudah dibuat.
  2. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih obrolan atau grup yang ingin Anda bagikan tautan tersebut.
  3. Ketik pesan yang ingin Anda sertakan bersama dengan tautan tersebut, misalnya “Silakan klik tautan berikut untuk melihat promo terbaru kami: [tempel link WA Bitly disini]”.
  4. Tempel link WA Bitly yang sudah disalin pada pesan tersebut.
  5. Kirim pesan.

Ketika penerima pesan mengklik tautan yang Anda bagikan, mereka akan diarahkan ke halaman tujuan yang Anda tentukan pada tautan asli. Bitly akan secara otomatis melacak jumlah klik pada tautan tersebut, sehingga Anda dapat memantau performa tautan tersebut.

Penting untuk diingat bahwa Bitly memiliki batas jumlah tautan yang dapat Anda perpendek setiap bulannya, tergantung pada jenis akun yang Anda miliki. Jika Anda sering menggunakan layanan ini, sebaiknya pertimbangkan untuk meningkatkan akun Bitly Anda agar dapat menikmati fitur yang lebih lengkap dan tanpa batasan.

Membaca Statistik Link WA di Bitly

Setelah Anda membuat dan menggunakan link WA Bitly, Anda dapat melacak statistik pengunjung pada tautan tersebut. Statistik ini memberikan informasi penting yang dapat membantu Anda memahami seberapa efektif link tersebut dalam menarik pengunjung ke halaman tujuan Anda. Berikut adalah cara membaca statistik link WA Bitly:

  1. Masuk ke akun Bitly Anda dan pilih tautan WA yang ingin Anda lihat statistiknya.
  2. Di halaman tautan tersebut, klik tombol “View Stats” di sebelah kanan atas halaman.
  3. Anda akan diarahkan ke halaman statistik tautan yang menampilkan informasi tentang jumlah klik, sumber klik, waktu klik, dan lokasi pengunjung.
  4. Di bagian atas halaman statistik, terdapat grafik yang menunjukkan jumlah klik per hari selama periode waktu tertentu.
  5. Di bagian bawah halaman statistik, terdapat tabel yang menunjukkan jumlah klik, sumber klik, dan lokasi pengunjung.

Beberapa informasi penting yang dapat Anda dapatkan dari statistik link WA Bitly, antara lain:

  • Jumlah klik: Informasi ini menunjukkan berapa banyak pengunjung yang telah mengklik tautan Anda.
  • Sumber klik: Informasi ini menunjukkan dari mana pengunjung berasal, apakah dari WhatsApp, Facebook, Twitter, atau platform lainnya.
  • Waktu klik: Informasi ini menunjukkan waktu dan tanggal ketika pengunjung mengklik tautan Anda.
  • Lokasi pengunjung: Informasi ini menunjukkan dari mana pengunjung berasal, apakah dari Indonesia, Amerika Serikat, atau negara lainnya.

Kelebihan Link WA di Bitly

Kelebihan Link WA di Bitly

Berbagai kelebihan yang dapat Anda dapatkan dari membuat link WA di Bitly:

1. Link pendek yang mudah diingat. Membuat link pendek menggunakan Bitly akan membuat link WA yang singkat dan mudah diingat. Ini membantu Anda dan kontak Anda untuk mengakses halaman WA dengan mudah.

2. Memudahkan dalam mengirim ke kontak WA. Dengan menggunakan link pendek, Anda dapat dengan mudah mengirim link WA ke kontak Anda, tanpa harus memasukkan URL yang panjang dan rumit.

3. Menjaga brand Anda. Bitly memungkinkan Anda untuk menambahkan tanda pengenal merek pada link pendek, sehingga orang yang mengakses link tersebut dapat mengetahui bahwa link itu berasal dari Anda.

4. Tracking link pendek. Bitly memungkinkan Anda untuk melacak link pendek yang telah Anda bagikan, sehingga Anda dapat melacak siapa yang mengakses link tersebut dan berapa jumlah kali link tersebut dibuka.

Kesimpulan

Kesimpulan

Membuat link WA di Bitly dapat membantu memudahkan berbagi tautan melalui pesan WhatsApp. Selain dapat memperpendek tautan URL, Bitly juga menyediakan fitur melacak statistik pengunjung pada tautan tersebut. Dengan mengikuti panduan pembuatan akun Bitly dan langkah-langkah membuat link WA di Bitly, Anda dapat dengan mudah membuat dan menggunakan link WA untuk keperluan bisnis atau pribadi.

Setelah Anda membuat dan menggunakan link WA Bitly, Anda dapat menggunakan fitur statistik Bitly untuk melacak performa tautan tersebut. Informasi statistik ini dapat membantu Anda memahami seberapa efektif tautan tersebut dalam menarik pengunjung ke halaman tujuan Anda. Dengan informasi ini, Anda dapat memperbaiki dan meningkatkan kampanye pemasaran Anda di masa depan.

Penting untuk diingat bahwa Bitly memiliki batas jumlah tautan yang dapat Anda perpendek setiap bulannya, tergantung pada jenis akun yang Anda miliki. Jika Anda sering menggunakan layanan ini, sebaiknya pertimbangkan untuk meningkatkan akun Bitly Anda agar dapat menikmati fitur yang lebih lengkap dan tanpa batasan.

Demikianlah panduan cara membuat link WA di Bitly beserta cara membaca statistik link WA Bitly. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan tautan WA untuk keperluan bisnis atau pribadi Anda. Semoga bermanfaat!