Cara Membuat Barcode Sendiri

Cara Membuat Barcode Sendiri Gratis di Android dan PC

Mahtekno.com – Saat ini penggunaan barcode hampir merata, baik yang bisa di gunakan untuk pembayaran maupun kebutuhan lainnya. Namun yang lebih sering barcode sendiri saat ini sudah banyak di gunakan oleh aplikasi e-wallet sebagai metode pembayaran yang lebih cepat dan mudah. Jika kalian menggunakan aplikasi e-wallet seperti DANA, OVO, ShopeePay,QRIS, LinkAja dan yang lainnya, maka disana biasanya terdapat barcode yang bisa kalian gunakan untuk melakukan transaksi pembayaran.

Sebagai salah satu contoh jika kalian menggunakan aplikasi DANA kemudian berbelanja di super market atau sebuah Mall, biasanya pada saat pembayaran teah tersedia barcode yang bisa langsung di scane sehingga secara otomatis saldo yang ada di akun kalian masuk di akun mereka ( sipenerima ) jadi tidak heran jika saat ini DANA yang merupakan dompet digital mampu bersaing dengan penggunaan uang fisik.

Tidak hanya itu saja nih, saat ini perkembangan barcode juga terus di kembangkan sehingga kalianpun bisa membuat barcode sendiri baik itu untuk produk sendiri atau keperluan lainnya. Tentunya kalian akan bisa membuat sebuah metode pembayaran sendiri sehingga proses transaksi yang kalian lakukan bisa dengan sangat mudah untuk di gunakan. Lalu bagaimana cara untuk bisa membuat barcode sendiri ? Untuk membuat barcode sendiri ternyata kita bisa menggunakan banyak cara misalnya menggunakan situs, exel sampai dengan menggunakan sebuah aplikasi yang ada di play store.

Sebelum kalian mengetahui cara membuat barcodenya, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu nih untuk macam – macam barcode yang saat ini di gunakan, berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Barcode ?

Apa Itu Barcode

Bracode merupakan sebuah pola geometris yang pada umumnya memiliki bentuk vertikal dengan fungsi yang bisa melacak sebuah barang atau property. Awalnya barcode ini hanya di gunakan untuk melacak kereta api, namun seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, kini barcode terus di kembangkan dan salah satunya untuk penggunaan segala transaksi yang sudah kami singgung di atas.

O iya perlu kalian ketahui nih barcode sendiri saat ini ada 2 jenis yang pertama untuk kode produk universal dan International Standard Book Number (ISBN). ISBN sendiri biasanya di lisensi dari lembaga resmi dengan tujuan untuk memvalidasi produk yang akan di jual ke pasaran. Nah, itulah penjelasannya mengenai barcode.

Sekarang kita akan mengulas tentang inti dari pembahasan kita kali ini yaitu tentang bagaimana cara membuat barcode sendiri, apakah bisa menggunakan smartphone android, iPhone dan PC ? untuk mengetahui jawabannya silahkan kalian cek penjelasannya berikut ini.

Cara Membuat Barcode Untuk Keperluan Sendiri

Cara Membuat Barcode Untuk Keperluan Sendiri

Untuk kalian yang saat ini memang memiliki bisnis yang ingin di kembangkan dengan pembayaran menggunakan sebuah barcode, kalian bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan sebuah situs. Adapun untuk langkah – langkahnya silahkan ikuti seperti dibawah ini.

  • Pertama – tama silahkan kalian kunjungi situsnya disini : Creatbarcode.com
  • Pada situsnya kalian bisa membuat barcode secara online tentunya dengan mengikuti langkah – langkah yang telah di tentukan.
  • Langkah berikutnya silahkan kalian ikuti Wizard Barcode dengan tujuan untuk membuat bracode Digital yang kalian inginkan.
  • Selanjutnya kalian hanya perlu menetapkan nama dan juga nomor seri pada setiap barang yang ada pada situs tersebut sehingga menghasilkan barcode pribadi.
  • Berikutnya kalian tinggal menempelkan barcode pada barang atau produk kalian sesuai dengan penggunaan kalian.
  • Selamat mencoba.

Nah, sampai disini maka kalian telah berhasil membuat sebuah barcode untuk produk kalian. O iya perlu kalian ketahui nih, ternyata saat ini ada banyak situs yang bisa kalian gunakan untuk membuat sebuah barcode selain situs di atas. Untuk nama situs selanjutnya yang bisa kalian gunakan untuk membuat barcode adalah barcode-generator.org. Buat kalian yang memang tertarik untuk membuat barcode sendiri, silahkan ikuti panduan berikut ini yah.

Cara Membuat Barcode Sendiri di Situs barcode-generator.org

Cara Membuat Barcode Sendiri di Situs barcode-generator.org

Sepertinya untuk tahapan pembuatannya tidak sama dengan situs yang di awal kali ini kalian bisa membuatnya dengan rapih dan terkonsep, untuk lebih detailnya kalian bisa mencoba mengikuti langkah – langkahnya seperti berikut ini.

  • Pertama – tama silahkan kalian kunjungi situsnya disini : barcode-generator.org
  • Berikutnya kalian tinggal mengikuti langkah pembuatannya untuk yang pertama silahkan kalian memilih jenis barcode yang kalian inginkan, pasalnya ada banyak jenis barcode yang bisa kalian pilih seperti QR, UPC-A, Code 128 atau Code 39, silahkan pilih sesuai yang kalian inginkan.
  • Berikutnya kalian tinggal memasukan data barcode pada kolom pengisian yang sudah di sediakan.
  • Selanjutnya kalian tinggal pilih format outputnya misalnya menggunakan format PNG, JPG atau SVG.
  • Selanjutnya untuk membuat barcode sendiri, kalian tinggal memilih tombol “Create Barcode” selanjutnya silahkan kalian tunggu sampai selesai proses pembuatan barcodenya.
  • Jika sudah di buat, maka kalian tinggal pilih saja download, maka barcode akan segera di download.
  • Selamat mencoba.

Cara Membuat Barcode Sendiri di HP Android

Cara Membuat Barcode Sendiri di HP Android

Selanjutnya buat kalian yang memang menggunakan smartphone android, maka kalian bisa menggunakan aplikasi yang ada di play store untuk di gunakan sebagai tool pembuat barcode. Setelah kami cek ternyata ada banyak aplikasi yang memang bisa langsung di gunakan secara instan untuk membuat barcode.

Di antara banyaknya aplikasi pembuat barcode yang benar – benar work adalah aplikasi Barcode Generator. Perlu kalian ketahui nih, aplikasi ini sendiri di kembangkan oleh Aeiou yang telah di download oleh jutaan pengguna.

Aplikasinya sendiri terakhir di update pada tanggal 9 November 2015 yang lalu, meskipun sudah lama tidak di update namun kalian bisa menggunakannya dan kecanggihan pembuatan barcodenya sangat cepat dan mudah. Baiklah, kalian bisa mengikuti langkah – langkah yang telah kami siapkan berikut ini.

1.Menggunakan Barcode Generator Apk

Disini kami anggap kalian telah mendownload aplikasinya yah, jika kalian ingin langsung mendapatkan apknya sialhkan download disini : Barcode Generator Apk

Selanjutnya kalian tinggal mengikuti langkah – langkah pembuatannya berikut ini.

  • Pertama download apknya pada link yang sudah kami sediakan.
  • Lalu install apknya pada smartphone android kalian.
  • Setelah itu buka aplikasinya.
  • Langkah pertama silahkan kalian pilih type barcode yang di inginkan, disana setidaknya ada 11 type yang bisa kalian pilih.
  • Setelah di pilih, selanjutnya kalian bisa menambahkan kodenya pada label atau produk kalian.
  • Selanjutnya kalian lakukan scan pada bagian layarnya.
  • Lalu silahkan buat variasi kodenya, misalnya kalian memilih QR Code, maka silahkan pilih variasi QR Kodenya.
  • Jika sudah kalian tinggal mengexport gambar barcodenya.
  • Selanjutnya kalian tinggal dapatkan kodenya dan bisa share.
  • Selesai.

Selain itu ada pula aplikasi lainnya yang bisa kalian gunakan dan ini cukup mudah karena kalian hanya perlu menekan tombol membuat barcodenya saja, maka kalian akan mendapatkan barcode yang sama seperti yang di inginkan. Untuk nama aplikasinya adalah Barcode Generator & Scanner.

2. Menggunakan Barcode Generator & Scanner

Selanjutnya kalian bisa menggunakan aplikasi Barcode Generator & Scanner untuk membuat barcode sendiri. Perlu kalian ketahui nih, aplikasi yang satu ini telah di update pada tanggal 11 Januasi 2023 yang lalu dengan banyak fitur di antaranya kalian bisa membuat barcode dengan kode 39, 128, EAN-13, ITF, UPC-A dan lainnya.

Aplikasinya sendiri telah di download oleh jutaan pengguna sehingga ini aman dan kalian bisa membuat barcodenya kapan saja.

Untuk langkah – langkahnya adalah sebagai berikut ini.

  • Pertama – tama silahkan kalian download aplikasinya disini : Barcode Generator & Scanner
  • Selanjutnya kalian install aplikasinya.
  • Berikutnya kalian tinggal memilih barcodenya misalnya menggunakan Kode QR atau Kode Batang, pilih sesuai kebutuhan kalian.
  • Berikutnya kalian tinggal menempelkan pada produk kalian.
  • Selanjutnya pindai kodenya.
  • Lalu downloadnya dan tempelkan kodenya pada produk kalian.
  • Selesai, selamat mencoba.

Perlu kalian ketahui nih, dengan aplikasi ini maka kalian bisa membuat kode barcode dengan gaya kalian sendiri sehingga terlihat lebih menarik dibandingkan dengan kode pada umumnya. Tidak hanya itu saja ada pula kode warna batang yang akan membuat barcode terlihat menarik.

Untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda saat membuat sebuah barcode, maka silahkan gunakan aplikasi yang satu ini yah. Setelah mengetahui bagaimana cara pembuatannya, lantas apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari barcode itu sendiri ? untuk lebih jelasnya silahkan simak berikut ini yah.

Kelebihan Penggunaan Barcode

Kelebihan Penggunaan Barcode

Disini kami perlu jelaskan karena penggunaan sebuah barcode memang terus berkembang, ternyata penggunaannya ini memiliki banyak kelebihan di banding tanpa menggunakan barcode. Di antara kelebihannya adalah sebagai berikut ini.

1.Lebih Cepat

Saat sebuah produk menggunakan barcode pada saat pembayaran atau transaksi, maka ini bisa di lakukan dengan sangat cepat. Jika kalian pernah berbelanja di sebuah minimarket, mall, atau swalayan lainnya, biasanya akan ada alat untuk menscane barcode dari setiap produknya sehingga transaksi yang kalian lakukan bisa lebih cepat.

2. Lebih Akurat

Penggunaan barcode itu sendiri juga tergolong sangat akurat sehingga harga bisa tepat dan tidak salah harga. Hal ini bisa di tentukan dengan barcode itu sendiri sehingga harga tidak lagi bisa di bohongi. Karena ada banyak barang saat ini, maka menggunakan barcode di anggap lebih akurat.

3. Bisa Meningkatkan Pelayanan

Selanjutnya dengan hadirnya barcode ini maka pelayanan bisa lebih cepat dan nyaman. Bahkan kalian tidak perlu mengantri lebih lama dengan adanya barcode itu sendiri. Hampir semua layanan transaksi saat ini bisa menggunakan barcode.

4. User Friendly

O iya pengguna barcode juga sangat user friendly, artinya hampir semua metode pembayaran saat ini menggunakan mesin yang canggih yaitu mesin scane harga sehingga saat barcode di scane akan muncul harga dari produk itu sendiri. Kecepatan mesin membaca barcode seperti ini tentu bisa membuat para kasir lebih mudah dalam menerima uang atau untuk kembaliannya.

5. Inventory Control

Jika kalian salah satu staf gudang, tentu saja penggunaan barcode akan membuat perkerjaan kalian menjadi lebih simple dan mudah, pasalnya dengan adanya barcode pada setiap barang yang kalian stock di gudang tidak akan keliru dan kalian tidak perlu membuat pengecekan 2 kali.

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai cara membuat barcode sendiri dengan menggunakan aplikasi android, situs generator ataupun secara offline. Kalian juga bisa melihat kelebihan dari penggunaan barcode saat ini di penjelasan kami tadi. Hanya itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga pembahasan ini brmanfaat yah.