Cara Membatasi Pengguna WiFi.jpg

Cara Membatasi Pengguna WiFi Agar Internet Tetap Stabil

Mahtekno.com – WiFi menjadi salah satu alternatif bagi para pengguna ponsel yang ingin mengakses internet dari ponsel pintar. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ponsel pintar yang dimiliki harus terhubung dengan internet supaya bisa digunakan untuk berbagai hal. Umumnya terdapat dua cara agar ponsel bisa terhubung dengan internet, pertama adalah dengan mengaktifkan data seluler dan menggunakan WiFi. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui Cara Membatasi Pengguna WiFi Agar Internet Tetap Stabil.

Oleh karena itu pada ulasan kali ini kami ingin membagikan informasi mengenai hal tersebut supaya Anda bisa membatasi pengguna WiFi. Dengan membatasi pengguna maka koneksi internet yang Anda gunakan akan lancar dan tentunya stabil. Meskipun cara tersebut mudah dilakukan namun tidak semua pengguna Wifi mengetahuinya. Oleh karena itu Anda harus menyimak ulasan ini hingga selesai supaya bisa mengetahui cara membatasi pengguna WiFi agar internet tetap stabil.

Cara Membatasi Pengguna WiFi Agar Internet Tetap Stabil

Cara Membatasi Pengguna WiFi Agar Internet Tetap Stabil

Bagi Anda yang memiliki WiFi dirumah maka Anda harus mengetahui cara membatasi pengguna WiFi agar internet tetap stabil. Apabila banyak yang menggunakan atau masuk ke dalam jaringan wifi Anda maka nantinya internet akan lemot dan tidak stabil. Tentunya ha tersebut sangatlah menjengkelkan karena Anda tidak bisa leluasa ketika mengakses internet dengan menggunakan ponsel pintar.

Di era yang sudah semakin maju ini banyak sekali jenis WiFi yang bisa Anda pasang di rumah supaya Anda bisa mengakses internet tanpa perlu membeli kuota internet. Namun pastinya banyak orang yang ingin menggunakan koneksi WiFi tersebut supaya tidak perlu menggunakan kuota internet ketika bermain ponsel. Oleh karena itu Anda harus membatasi pengguna WiFi agar internet tetap stabil, untuk melakukan hal tersebut Anda bias mengikuti cara-cara di bawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi Netlimiter

Cara membatasi pengguna WiFi agar internet tetap stabil yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Netlimiter. Aplikasi tersebut memiliki banyak sekali fungsi di dalamnya seperti membatasi pengguna wifi, membatasi kecepatan jaringan dan masih banyak lagi fungsi lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika mendownload aplikasi tersebut.

Namun perlu Anda ketahui bahwa aplikasi satu ini hanya bisa di download dan gunakan pada perangkat komputer saja. Jadi Anda tidak bisa menggunakan aplikasi satu ini pada ponsel yang Anda miliki. Untuk menggunakan aplikasi satu ini Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang akan kami bagikan di bawah berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan Anda download aplikasi Netlimiter ke dalam laptop atu perangkat komputer lainnya yang Anda miliki
  2. Jika sudah terpasang, langsung saja buka aplikasi tersebut
  3. Kemudian Anda akan menemukan daftar perangkat yang tersambung dengan WiFi milik Anda
  4. Silahkan batasi pengguna lalu centang pada bagian Upload Limit (UL) dan Download Limit
  5. Untuk membatasi kecepatan WiFi silahkan Anda klik Value lalu klik Limit
  6. Berikutnya klik Rule Editor dan pilih menu KB/s
  7. Anda bisa membatasi kecepatan WiFi sesuai dengan keinginan Anda masing-masing
  8. Selanjutnya klik Simpan
  9. Selesai.

2. Menggunakan Aplikasi NetCut

Cara selanjutnya untuk membatasi pengguna WiFi agar internet tetap stabil adalah dengan menggunakan aplikasi NetCut. Berbeda dari aplikasi sebelumnya, aplikasi NetCut ini bisa Anda download dan gunakan pada perangkat komputer dan juga ponsel yang Anda miliki. Dengan menggunakan aplikasi satu ini maka Anda bisa membatasi pengguna WiFi agar jaringan internet tetap stabil ketika digunakan.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi tersebut di ponsel maka Anda bisa mendownload aplikasi tersebut secara gratis melalui Play Store atau App Store yang ada di dalam ponsel Anda masing-masing. Di bawah ini adalah cara-cara yang bisa Anda ikuti supaya Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk membatasi pengguna wifi.

  1. Pertama silahkan Anda download aplikasi NetCut ke dalam perangkat yang Anda gunakan
  2. Apabila sudah terpasang maka langsung saja Anda buka aplikasi tersebut
  3. Silahkan Anda tunggu beberapa saat hingga semua perangkat yang terhubung dengan WiFi muncul
  4. Untuk membatasi pengguna, silahkan klik gambar WiFi pada perangkat yang tersambung
  5. Selesai.

3. Menggunakan P2Pover

Cara membatasi pengguna WiFi agar internet tetap stabil berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama P2Pover. Aplikasi tersebut hanya bisa digunakan pada perangkat komputer dan juga ponsel Android saja dan tidak bisa digunakan pada perangkat iOS. Dengan menggunakan aplikasi tersebut maka Anda bisa membatasi pengguna wifi yang Anda miliki supaya jaringannya tetap stabil.

Penggunaan aplikasi P2Pover sendiri tidak dikenakan biaya atau gratis sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika ingin membatasi pengguna WiFi dengan menggunakan aplikasi tersebut. Menariknya lagi di dalam aplikasi tersebut tersedia banyak sekali fitur yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Bagi Anda yang penasaran dengan cara kerja dari aplikasi tersebut, silahkan Anda ikuti cara-caranya di bawah berikut ini.

  1. Langkah pertama Anda harus mendownload aplikasi P2Pover ke dalam perangkat yang Anda gunakan
  2. Jika sudah terpasang maka langsung saja Anda buka aplikasi tersebut
  3. Pada halaman awal silahkan klik Sistem Setting
  4. Pilih adaptor jaringan yang Anda gunakan lalu klik Ok
  5. Setelah itu Anda klik Men Schedule dan klik NEW(N) lalu masukkan nama Anda pada bagan Schedule Name
  6. Kemudian klik menu option > rules > setting > New dan berikan nama pada kolom rules
  7. Pilih Schedule yang sebelumnya sudah Anda buat
  8. Untuk mengetahui perangkat yang tersambung pada WiFi silahkan Anda klik menu Control All dan Start
  9. Jika ingin menghentikan perangkat yang tersambung silahkan Anda klik kanan pada perangkat
  10. Berikutnya klik apply rule to host selected
  11. Selesai.

4. Menggunakan Pengaturan Modem

Bagi Anda yang memasang sebuah WiFi di rumah maka pastinya Anda akan mendapatkan Modem untuk mengatur WiFi tersebut. Dengan menggunakan Modem tersebut maka Anda bisa mengetahui perangkat yang terhubung dengan WiFi Anda. Selain itu Anda juga bisa menghapus perangkat yang tersambung menggunakan Modem melalui cara-cara di bawah ini.

  1. Buka Browser yang biasanya Anda gunakan pada perangkat yang digunakan
  2. Silahkan ketik alamat IP 192.168.1.1. pada menu pencarian
  3. Pilih situs paling atas
  4. Kemudian Anda klik menu Admin
  5. Lalu masukkan Username dan juga Password
  6. Silahkan Anda klik Login
  7. Pada menu selanjutnya silahkan Anda klik menu Setting atau Pengaturan
  8. Pilih menu Network
  9. Selanjutnya silahkan klik SSID Setiing
  10. Anda bisa memasukkan jumlah maksimum perangkat yang boleh mengakses WiFi Anda
  11. Jika sudah silahkan klik Submit
  12. Selesai.

5. Menggunakan Software Baidu WiFi

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan Software Baidu WiFi supaya Anda bisa membatasi pengguna WiFi. Untuk cara satu ini hanya bisa Anda lakukan dengan menggunakan perangkat komputer saja dan tidak bisa melakukannya melalui ponsel. Untuk Anda yang ingin membatasi pengguna WiFi dengan menggunakan Software Baidu WiFi maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama-tama pasang Software Baidu WiFi ke dalam perangkat yang Anda gunakan
  2. Berikutnya silahkan Anda daftar akun
  3. Gunakan nama dan juga kata sandi sesuai dengan keinginan Anda masing-masing
  4. Pada bagian kanan nantinya Anda akan menemukan ikon Angka
  5. Silahkan Anda klik ikon tersebut dan informasi dari perangkat yang tersambung tersebut akan muncul
  6. Untuk kebutuhan lainnya silahkan Anda klik kanan pada perangkat yang tersambung
  7. Selesai.

6. Menggunakan Pengaturan Ponsel

Cara membatasi pengguna WiFi agar internet tetap stabil yang terakhir adalah dengan menggunakan pengaturan bawaan ponsel yang Anda gunakan. Untuk cara satu ini Anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan kedalam ponsel karena Anda hanya perlu menggunakan pengaturan bawaan dari ponsel Anda masing-masing. Bagi Anda yang ingin menggunakan cara terakhir ini untuk membatasi pengguna WiFi maka Anda harus mengikuti cara yang sudah kami sediakan di bawah ini.

  1. Pertama Anda harus menyalakan Data Seluler pada ponsel yang digunakan
  2. Setelah itu silahkan masuk ke dalam Pengaturan Ponsel
  3. Lalu klik menu Koneksi
  4. Klik lagi pada bagian Hotspot Seluler
  5. Silahkan Anda gunakan Nama dan juga Password sesuai dengan keinginan Anda masing-masing
  6. Untuk membatasi jumlah pengguna silahkan Anda klik titik tiga yang berada di bagian atas
  7. Masukkan jumlah perangkat yang boleh tersambung
  8. Terakhir klik Save atau Simpan
  9. Selesai.

Itulah cara membatasi pengguna WiFi agar internet tetap stabil yang bisa Anda ikuti supaya jaringan internet pada WiFi yang Anda miliki tetap stabil. Pastikan bahwa Anda mengikuti setiap langkah diatas dengan baik dan benar agar Anda bisa membatasi perangkat yang tersambung dalam WiFi milik Anda.

Cara Supaya WiFi Tetap Stabil

Selain dengan menggunakan cara diatas, Anda juga bisa menggunakan beberapa cara lainnya dalam mengatasi jaringan WiFi yang lemot atau tidak stabil. Untuk mempersingkat waktu langsung saja Anda simak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini. Pastikan Anda mengikuti cara mengatasi WiFi lemot yang sudah kami sediakan di dalam ulasan pada kesempatan kali ini.

1. Batasi jumlah pengguna

Cara pertama untuk mengatasi wifi yang lemot adalah dengan membatasi jumlah pengguna dari WiFi yang Anda miliki. Silahkan Anda pastikan bahwa jumlah pengguna yang diizinkan mengakses WiFi Anda tidak terlalu banyak supaya jaringan dari WiFi yang Anda miliki tetap stabil dan tidak lemot.

2. Pilih Penyedia Internet dengan Koneksi Cepat

Berikutnya Anda bisa menggunakan WiFi yang menyediakan internet dengan koneksi yang cepat agar jaringan internet tetap stabil. Silahkan Anda cari penyedia internet dengan koneksi internet yang cepat supaya ketika digunakan oleh Anda jaringan WiFi tersebut tetap stabil. Selain itu meskipun banyak perangkat yang tersambung pada WiFi, maka kecepatan internet tetap stabil.

3. Gunakan Pengalih Wifi

Selanjutnya Anda bisa mengunakan aplikasi bernama Pengalih WiFi yang bisa di download secara gratis melalui Play Store. Ketika aplikasi tersebut sudah terpasang ke dalam ponsel maka Anda bisa langsung membukanya supaya jaringan WiFi Anda tetap stabil dengan mengizinkan aplikasi tersebut. Ukuran dari aplikasi tersebut sendiri tidak terlalu besar sehingga tidak akan membebani ponsel yang Anda gunakan.

Penutup

Mungkin hanya itu saja ulasan yang dapat kami sampaikan pada ulasan kesempatan kali ini mengenai Cara Membatasi Pengguna WiFi Agar Internet Tetap Stabil. Anda bisa mengikuti cara-cara yang sudah kami sediakan diatas agar wifi yang Anda gunakan memiliki koneksi internet yang stabil ketika digunakan. Jangan lupa untuk terus mengikuti halaman website kami agar Anda bisa mendapatkan banyak informasi menarik. Terima kasih dan selamat mencoba!