Cara Matikan Laptop HP
Cara Matikan Laptop HP

Cara Matikan Laptop HP yang Benar, Dijamin Aman!

Cara matikan laptop HP yang benar penting untuk diketahui. Sudah menjadi rutinitas bagi pengguna laptop HP untuk mematikan perangkatnya jika sudah tidak menggunakannya. Shut down atau mematikan perangkat yang tidak digunakan sangat bermanfaat. Cara ini akan menjadikan laptop memiliki umur panjang dan mencegah terjadinya kerusakan sistem.

Kebanyakan orang mematikan laptop melalui tombol Start. Kemudian klik tombol Power dan melanjutkannya dengan tekan tombol Shut Down. Namun, jika ternyata tombol Start tidak bereaksi atau laptop mengalami gangguan, akan sangat merepotkan.

Inilah 3 Cara Matikan Laptop HP yang Benar

Untuk mematikan laptop HP yang wajar biasanya dengan menggunakan mouse dan mengarahkannya pada ikon Windows. Setelah itu, akan mencari pilihan Shut Down. Semuanya dilakukan dengan cara klik menggunakan mouse. Namun, ternyata ada cara lainnya yang bisa Anda coba lakukan, sebagai berikut.

ALT+F4

Untuk mematikan laptop HP dengan keyboard, Anda bisa ketik tombol ALT+F4. Cara ini bisa menjadi pilihan jika kesulitan menggunakan kursor yang ada di laptop HP. Berikut ini adalah cara matikan laptop HP dengan menggunakan ALT+F4 yang bisa dicoba.

  1. Sebelum mencoba cara ini, pastikan bahwa semua aplikasi di laptop HP sudah tertutup.
  2. Selanjutnya, Anda bisa tekan tombol ALT, lalu tekan tombol F4 bersamaan.
  3. Setelah itu, pilih Shut Down menggunakan tombol panah di keyboard dan tekan Enter.
  4. Selesai, laptop HP Anda akan mati dengan sendirinya.

WIN+X

Selanjutnya untuk mematikan laptop dengan keyboard, bisa dilakukan menggunakan kode WIN+X. Cara ini juga hampir mirip dengan cara sebelumnya dan termasuk salah satu cara cadangan yang mudah. Berikut ini adalah beberapa cara mematikan laptop menggunakan kode WIN+X.

  1. Sebelum mencoba cara ini, pastikan bahwa semua aplikasinya sudah tertutup.
  2. Selanjutnya Anda bisa menekan tombol CTRL, ALT, dan DEL secara bersamaan.
  3. Kemudian Anda bisa gunakan tombol tanpa panah di keyboard untuk memilih opsi Shut Down, lalu perlu tekan Enter.
  4. Selesai, laptop Anda akan mati dengan otomatis.

CTRL+ALT+DEL

Berikutnya, masih dengan menggunakan kode di keyboard. Cara matikan laptop HP dengan keyboard yang bisa dilakukan yakni menggunakan CTRL+ALT+DEL. Cara ini yang terbilang cukup mudah dan praktis. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mencoba cara yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mematikan laptop dengan keyboard menggunakan CTRL+ALT+DEL.

  1. Sebelum melakukan cara mudah ini, semua aplikasi di laptop HP harus sudah tertutup.
  2. Selanjutnya Anda bisa tekan tombol Windows + X secara bersamaan.
  3. Jika sudah, maka di layar Anda akan muncul beberapa pilihannya.
  4. Kemudian Anda bisa gunakan tombol panah untuk memilih opsi Shut Down.
  5. Setelah itu, Anda bisa klik Enter dan selesai, laptop akan mati dengan otomatis.

Tips Mematikan Laptop yang Benar

Sebenarnya cara matikan laptop HP dengan benar yang bisa dilakukan dengan hati-hati. Cara mematikan laptop dengan benar ini bisa menjadi sebuah cara tepat. Sehingga laptop HP Anda tidak akan mudah rusak. Berikut ini adalah cara mematikan laptop dengan baik dan bisa diikuti.

  1. Memastikan aplikasi di laptop HP sudah dalam kondisi tertutup. Hati-hati jika Anda mematikannya secara paksa, sebab ada resiko kehilangan data yang sedang dikerjakan.
  2. Berikutnya Anda bisa melepaskan semua flashdisk, USB atau CD dari laptop sebelum mematikannya.
  3. Perlu Anda ingat, jika laptop dalam kondisi hang, akan lebih baik tidak menggunakan tombol Power untuk mematikan laptop secara paksa. Hal ini karena bisa memicu kerusakan komponen di laptop.
  4. Ingat pula bahwa Anda juga harus bersabar jika laptop sedang dalam proses Shutting Down. Sebaiknya tidak tutup paksa laptop saat prosesnya belum selesai karena laptop tidak akan mati dengan sempurna. Pastikan terlebih dahulu laptop jika sudah benar-benar mati, setelah itu bisa menutup laptop tersebut.

Cara matikan laptop HP tersebut bisa dilakukan saat kursor tidak bisa digerakkan. Untuk itu, saat kursor laptop bermasalah masih ada cara mematikan laptop lainnya, selain menggunakan mouse atau touchpad. Kini tak perlu panik dan segera menekan tombol Power. Hal yang terpenting, tidak matikan laptop HP dengan tombol Power kecuali terpaksa dan tak ada jalan lain.