Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja Secara Online Terbaru 2023

Mahtekno.com – Masa-masa pandemi merupakan masa sulit bagi hampir semua orang di Indonesia karena banyak orang yang sulit untuk mendapatkan penghasilan serta banyak sekali orang yang kehilangan pekerjaan karena pandemi tersebut. Pada saat masa pandemi tersebut pemerintah mengharuskan masyarakat untuk tetap dirumah karena penularan virus yang sangat cepat. Oleh karena itu banyak masyarakat yang tidak bisa bekerja sehingga kebingungan dalam mencari penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari.

Akan tetapi untungnya pemerintah memberikan sebuah solusi berupa bantuan online berupa uang untuk para masyarakat. Bantuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan skill masyarakat yang masih menganggur dan belum mendapatkan pekerjaan supaya bisa mendapatkan kemampuan dasar sehingga bisa mendapatkan pekerjaan. Bantuan tersebut bernama Prakerja yang bisa diikuti oleh semua masyarakat Indonesia yang memenuhi syarat.Untuk bisa mendapatkan bantuan pelatihan khusus tersebut Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu secara online dengan mengunjungi situs prakerja.co.id menggunakan browser yang ada di dalam ponsel Anda masing-masing.

Apa Itu Kartu Prakerja?

Apa Itu Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan sebuah bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat supaya bisa mengembangkan kompetensi dalam bekerja sehingga bisa mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah. Semua masyarakat Indonesia tidak bisa mendapatkan bantuan tersebut karena pemerintah memberikan beberapa syarat supaya bisa mendapatkan bantuan tersebut.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan bantuan tersebut maka Anda bisa mengajukannya dengan cara mengunjungi situs prakerja menggunakan browser yang Anda miliki di dalam ponsel. Namun seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan bantuan tersebut karena terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Untuk bisa mengetahui apa saja syarat yang harus dipenuhi ketika ingin mendapatkan bantuan prakerja tersebut Anda bisa mengetahuinya dengan menyimak ulasan yang akan kami sediakan di bawah berikut ini.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja 2023

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja 2023

Sebelum Anda mendaftar kartu prakerja secara online, Anda harus memenuhi beberapa syarat yang di berikan oleh pemerintah supaya bisa mendapatkan bantuan tersebut. Dengan adanya beberapa syarat yang harus dipenuhi tersebut membuat tidak semua masyarakat bisa mendapatkan bantuan prakerja. Apabila Anda ingin mendapatkan bantuan dari pemerintah tersebut maka Anda harus memenuhi semua syarat yang diberikan, apabila Anda tidak melengkapi syarat tersebut maka Anda tidak bisa mendapatkan bantuan.

Lalu apa saja syarat-syarat yang harus di penuhi ketika ingin mendapatkan bantuan Prakerja? Untuk mengetahui apa saja syarat yang harus dipenuhi ketika Anda ingin mendapatkan bantuan Prakerja, Anda bisa mengetahuinya dengan cara menyimak ulasan yang kami sampaikan di bawah ini. Pastikan bahwa Anda menyimak ulasan di bawah ini hingga selesai supaya Anda bisa mengetahui apa saja syarat yang harus terpenuhi sebelum mendaftar pada Prakerja.

1. Berstatus WNI

Syarat pertama yang harus di penuhi ketika ingin mendapatkan bantuan Prakerja adalah Anda harus berstatus WNI atau Warga Negara Indonesia. Jadi bagi Anda yang belum mendapatkan status WNI karena berasal dari negara lain maka Anda tidak bisa mendaftar Prakerja. Oleh karena itu bantuan Prakerja ini hanya bisa di dapatkan oleh para masyarakat Indonesia saja yang sudah memiliki status WNI.

2. Usia minimal 18 tahun

Kemudian Anda juga harus berusia minimal 18 tahun supaya Anda bisa mendaftarkan diri dalam bantuan Prakerja supaya bisa mendapatkan pelatihan secara online, apabila Anda belum berusia 18 tahun maka Anda tidak bisa mendaftar. Oleh karena itu Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah Anda sudah berusia 18 tahun atau belum pada saat Anda ingin mendaftar kartu Prakerja.

3. Tak sedang menjalani pendidikan formal

Syarat berikutnya yang harus Anda penuhi ketika ingin mendaftar prakerja adalah Anda tidak sedang menjalani pendidikan formal seperti kuliah dan lain sebagainya. Jika Anda masih menjalankan pendidikan formal maka Anda tidak akan bisa mendaftar dan mendapatkan bantuan Prakerja.

4. Tidak menerima bantuan sosial lain selama pandemi

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam masa pandemi pemerintah memberikan banyak sekali bantuan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk. Salah satu syarat supaya bisa mendaftarkan diri dalam bantuan prakerja adalah Anda tidak menerima bantuan sosial lain pada saat pandemi sedang berlangsung. Jika Anda sebelumnya sudah mendapatkan bantuan ketika pandemi maka dapat dipastikan Anda tidak akan bisa mendaftar prakerja.

5. Bukan pejabat negara

Apabila Anda adalah seorang penjabat negara maka Anda tidak akan bisa mendaftarkan diri pada bantuan prakerja, hal tersebut karena salah satu syarat untuk bisa mendaftar prakerja adalah bukan pejabat negara. Seperti yang kita ketahui bahwa bantuan dari pemerintah berupa prakerja hanya diberikan kepada para masyarakat yang membutuhkan saja dan pejabat negara tidak termasuk dalam kategori tersebut.

6. Dalam 1 KK hanya 2 NIK yang bisa mendaftar

Di dalam sebuah KK atau Kartu Keluarga pastinya memiliki beberapa NIK atau Nomor Induk Kependudukan dari setiap anggota keluarga yang berada di dalam kartu keluarga tersebut. Namun dari semua anggota keluarga tersebut hanya 2 NIK atau 2 orang saja yang bisa mendaftar prakerja dan tidak boleh lebih. Apabila di dalam keluarga Anda sudah ada 2 orang yang mendaftar prakerja maka anggota keluarga lainnya tidak bisa mendaftar karena maksimal hanya 2 orang saja dalam satu keluarga yang boleh mendaftar.

Itulah beberapa syarat yang harus Anda penuhi ketika Anda ingin mendaftar bantuan prakerja, semua syarat yang sudah di sebutkan diatas harus terpenuhi semua supaya Anda bisa mendaftarkan diri dalam bantuan Prakerja yang disediakan oleh pemerintah. Apabila salah satu syarat diatas tidak Anda penuhi maka Anda tidak dapat mendaftarkan diri.

Cara Daftar Akun Kartu Prakerja

Cara Daftar Akun Kartu Prakerja

Perlu Anda ketahui sebelum Anda mendaftarkan diri dalam bantuan Kartu Prakerja maka Anda terlebih harus membuat Akun Kartu Prakerja. Akun yang harus Anda buat tersebut memiliki fungsi supaya Anda bisa masuk ke dalam website resmi Prakerja, apabila Anda belum memiliki akun tersebut maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah kami sediakan di bawah ini supaya Anda bisa mengetahui cara daftar kartu prakerja dengan mudah.

  • Silahkan Anda buka salah satu browser yang Anda miliki di dalam ponsel
  • Berikutnya silahkan Anda masukkan nama situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar pada kolom pencarian dari browser yang Anda gunakan
  • Kemudian Anda harus mengisi alamat Email milik Anda yang masih aktif beserta passwordnya
  • Lalu silahkan klik menu Daftar yang tersedia di bagian bawah
  • Anda tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan pesan Verifikasi yang akan dikirim ke dalam Email yang Anda masukkan tadi
  • Jika Anda sudah mendapatkan pesan verifikasi tersebut maka akun Kartu Prakerja Anda sudah berhasil dibuat
  • Selesai.

Perlu Anda ketahui bahwa Email yang sudah digunakan untuk membuat Akun Kartu Prakerja hanya bisa digunakan satu kali saja. Apabila Anda membuat akun baru maka Anda tidak bisa menggunakan Email yang sebelumnya sudah digunakan untuk membuat Akun. Selain itu Anda harus menggunakan password yang mudah diingat supaya Anda bisa dengan mudah melakukan login ke dalam akun yang Anda buat tersebut.

Cara Daftar Kartu Prakerja Menggunakan Browser

Apabila Anda sudah membuat Akun Kartu Prakerja maka berikutnya Anda bisa mendaftar ke dalam Prakerja itu sendiri supaya Anda bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah. Jika Anda belum mengetahui cara daftarnya maka Anda bisa mengikuti beberapa cara-cara yang sudah kami siapkan di dalam ulasan berikut ini. Anda harus memastikan untuk mengikuti semua langkah tersebut supaya proses pendaftaran bisa berhasil dengan cepat.

  1. Pertama silahkan Anda kunjungi situs resmi Kartu Prakerja menggunakan browser yang ada di dalam ponsel Anda masing-masing.
  2. Berikutnya klik menu Dashbpard
  3. Lakukan Verifikasi dengan menggunakan KTP yang Anda miliki lalu klik menu Berikutnya
  4. Silahkan Anda lengkapi semua data diri yang diperlukan dan klik Kirim apabila sudah
  5. Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima sebuah pesan berisi kode OTP
  6. Masukkan kode OTP yang Anda terima tersebut ke dalam kolom yang tersedia
  7. Lalu Anda harus mengisi survey yang di sediakan
  8. Anda juga harus melakukan Tes Kemampuan Dasar dan juga Tes Motivasi
  9. Jika sudah selesai melakukan tes, Anda perlu mengisi Batch sesuai dengan domisili yang Anda inginkan
  10. Terakhir Anda hanya perlu menunggu saja hingga Kartu Prakerja Anda disetujui atau tidak
  11. Selesai.

Silahkan Anda ikuti semua langkah-langkah yang sudah kami sediakan mengenai cara daftar kartu prakerja. Pastikan bahwa Anda mengikuti semua langkah diatas dengan baik dan benar agar Anda bisa mendaftar. Selain itu Anda juga harus mengisi semua data-data yang tersedia pada proses pendaftaran diatas yang sudah kami sediakan tadi.

Cara Cek Pengumuman Diterima Atau Tidak

Setelah Anda sudah menyelesaikan semua proses pendaftaran dengan mengikuti setiap langkah diatas maka berikutnya Anda harus mengecek apakah Anda diterima atau tidak pengajuan Anda tersebut. Untuk mengetahui ha tersebut maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah-langkah yang akan kami sediakan di bawah berikut ini.

  1. Langkah pertama Anda masuk ke dalam situs prakerja.go.id dengan menggunakan browser yang ada di dalam ponsel Anda masing-masing
  2. Berikutnya silahkan Anda login dengan menggunakan akun yang sebelumnya sudah Anda buat
  3. Kemudian lakukan Verifikasi supaya bisa login
  4. Jika sudah maka Anda bisa klik Masuk
  5. Buka menu Dashboard yang ada di dalam halaman tersebut
  6. Di dalam Dashboard Prakerja Anda bisa mengetahui apakah pengajuan Anda diterima atau tidak
  7. Selesai.

Apabila pengajuan Anda untuk menerima bantuan Prakerja maka Anda bisa mendaftar kembali pada gelombang selanjutnya dengan menggunakan akun yang sudah Anda miliki. Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah kami sediakan diatas supaya Anda bisa daftar kartu prakerja dan mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 yang bisa Anda ikuti supaya Anda bisa mendapatkan bantuan pelatihan gratis dari pemerintah. Silahkan Anda lengkapi semua syarat yang sudah kami sebutkan diatas agar Anda bisa mendaftar Prakerja dan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Pastikan juga Anda mengikuti setiap cara yang sudah kami sediakan diatas dengan baik dan benar supaya Anda bisa mendaftar dengan cepat.

jangan lupa untuk mengikuti terus halaman website kami karena di dalam halaman ini kami akan membagikan banyak sekali informasi berguna bagi Anda semua. Pantau terus halaman kami ini supaya Anda tidak ketinggalan informasi yang kami bagikan kepada Anda semua. Terima kasih dan selamat mencoba!