Cara Blokir Akun TikTok di Indonesia

Cara Blokir Akun TikTok di Indonesia

Cara Blokir Akun TikTok di Indonesia – TikTok, platform media sosial yang sangat populer, telah menjadi bagian penting dari kehidupan digital kita. Namun, ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin memblokir akun TikTok mereka, seperti konten yang tidak pantas, privasi dan keamanan data, atau kecanduan. Oleh karena itu, dalam tulisan ini akan dibahas cara blokir akun TikTok di Indonesia.

Tujuan dari tulisan ini adalah memberikan panduan praktis dan bermanfaat bagi pengguna TikTok di Indonesia yang ingin memblokir akun mereka. Tulisan ini juga akan memberikan informasi tentang alasan mengapa TikTok diblokir di Indonesia, serta kiat tambahan untuk menjaga privasi online.

Dengan mengetahui cara blokir akun TikTok, pengguna dapat memilih untuk mengambil tindakan yang tepat untuk melindungi diri dan menjaga keamanan online mereka.

Apa itu TikTok?

TikTok adalah aplikasi paling populer saat ini. Berasal dari China, aplikasi ini telah menjadi fenomena global. TikTok didirikan pada tahun 2016 dan merupakan platform sosial yang berfokus pada membuat dan berbagi video pendek. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang menyenangkan, seperti mengubah suara dan menambahkan efek untuk membuat video yang unik dan menarik. Dengan TikTok, Anda dapat mengunggah video Anda dan mengikuti akun lain untuk melihat video mereka. Itulah mengapa aplikasi ini sangat populer di seluruh dunia.

Mengapa Harus Blokir Akun TikTok?

Ada beberapa alasan mengapa TikTok diblokir di Indonesia. Salah satu alasan utamanya adalah karena adanya kekhawatiran tentang konten yang tidak pantas atau mengandung unsur kekerasan dan kebencian yang muncul di platform tersebut. Hal ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah Indonesia, terutama mengingat banyaknya pengguna TikTok di Indonesia yang mayoritas adalah generasi muda.

Selain itu, ada juga kekhawatiran tentang privasi dan keamanan data pengguna TikTok. Sebelumnya, TikTok dituduh melakukan pelanggaran privasi dengan mengumpulkan data pribadi pengguna tanpa persetujuan mereka. Hal ini membuat pemerintah Indonesia merasa perlu untuk mengambil tindakan untuk melindungi privasi dan keamanan data warga negara Indonesia.

Sejarah blokir TikTok di Indonesia dimulai pada tahun 2018 ketika Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia memblokir akses ke TikTok sementara waktu, menyusul adanya keluhan tentang konten yang tidak pantas. Pada tahun 2020, TikTok kembali diblokir oleh pemerintah Indonesia selama beberapa waktu, setelah munculnya konten yang dianggap menghina Islam dan Presiden Indonesia.

Meskipun TikTok telah berupaya untuk memperbaiki privasi dan keamanan data penggunanya serta menanggapi keluhan tentang konten yang tidak pantas, kekhawatiran dan tindakan pemerintah Indonesia tetap ada. Oleh karena itu, pengguna TikTok di Indonesia harus menyadari dan memahami cara blokir akun TikTok jika mereka merasa perlu untuk melakukannya.

Cara Blokir Akun TikTok

Berikut adalah beberapa cara untuk memblokir akun TikTok di Indonesia:

1. Blokir Akun TikTok dengan Menggunakan Filter Internet

Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur filter internet pada router atau perangkat lainnya yang dapat mengontrol akses internet. Pengguna dapat menambahkan TikTok ke dalam daftar situs yang diblokir. Ini dapat dilakukan dengan mengakses pengaturan pada router atau perangkat lainnya dan menambahkan TikTok ke dalam daftar situs yang diblokir.

Namun, kelemahan dari metode ini adalah bahwa hanya situs web TikTok yang diblokir, bukan akun individu. Oleh karena itu, pengguna tetap dapat mengakses akun TikTok melalui aplikasi atau dengan mengunjungi situs web TikTok di negara lain.

2. Blokir Akun TikTok dengan Menggunakan Aplikasi Firewall

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi firewall yang dapat membatasi akses ke aplikasi dan situs web tertentu. Beberapa aplikasi firewall populer termasuk NetGuard, NoRoot Firewall, dan AFWall+. Pengguna dapat mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi ini pada perangkat mereka dan menambahkan TikTok ke dalam daftar aplikasi yang diblokir.

Kelebihan dari metode ini adalah bahwa aplikasi firewall dapat membantu memblokir akses ke akun TikTok secara efektif. Namun, pengguna perlu memastikan bahwa aplikasi firewall yang dipilih cocok dengan perangkat mereka dan diatur dengan benar agar dapat bekerja dengan baik.

3. Menggunakan VPN untuk Blokir TikTok

Cara ketiga adalah dengan menggunakan VPN atau jaringan pribadi virtual. Pengguna dapat mengunduh dan menginstal VPN pada perangkat mereka dan memilih server yang berlokasi di negara yang memblokir TikTok, seperti Indonesia. Ini akan mengubah alamat IP pengguna menjadi alamat IP dari server yang dipilih dan membuat TikTok berpikir bahwa pengguna sedang mengakses dari negara yang tidak diblokir.

Namun, kelemahan dari metode ini adalah bahwa pengguna harus membayar biaya bulanan atau tahunan untuk menggunakan VPN, dan kecepatan internet dapat menjadi lebih lambat ketika menggunakan VPN.

Setelah Anda mengklik OK, akun akan segera diblokir. Anda tidak akan bisa melihat video mereka lagi dan mereka juga tidak akan bisa melihat video Anda. Akun ini akan ditandai sebagai akun yang diblokir di TikTok dan akan muncul di daftar blokir Anda.

Cara Unblokir Akun TikTok

Jika Anda memblokir akun TikTok dengan sengaja tetapi kemudian berubah pikiran, Anda dapat dengan mudah membatalkan blokir. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuka blokir yang telah Anda lakukan:

Langkah 1: Buka Daftar Blokir

Pertama-tama, buka daftar blokir Anda di aplikasi TikTok. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengakses Pengaturan dan kemudian membuka menu Blokir. Di sana, Anda akan melihat daftar semua akun yang Anda blokir.

Langkah 2: Cari Akun yang Diblokir

Setelah Anda membuka daftar blokir, cari akun yang ingin Anda batalkan blokir. Akun ini akan muncul di daftar dengan tanda centang di sebelahnya.

Langkah 3: Klik Tombol Unblokir

Setelah Anda menemukan akun yang ingin Anda batalkan blokir, klik tombol Unblokir berwarna kuning di sebelahnya. Tombol ini berbentuk lingkaran dengan tanda silang di tengahnya.

Langkah 4: Konfirmasi Unblokir

Setelah Anda mengklik tombol Unblokir, Anda akan melihat jendela pop-up yang meminta Anda untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin membuka blokir akun tersebut. Klik OK untuk melanjutkan.

Langkah 5: Akun Tidak Terblokir Lagi

Setelah Anda mengklik OK, akun akan segera tidak diblokir lagi. Anda kemudian akan bisa melihat video mereka dan mereka juga bisa melihat video Anda. Akun ini akan ditandai sebagai akun yang tidak diblokir di TikTok dan akan hilang dari daftar blokir Anda.

Kesimpulan

Kesimpulan

Memblokir akun TikTok di Indonesia dapat dilakukan dengan beberapa cara, termasuk menggunakan filter internet, aplikasi firewall, atau VPN. Pengguna dapat memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan teknis mereka. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan teknologi untuk memblokir akun TikTok tidak menjamin sepenuhnya privasi dan keamanan online. Oleh karena itu, pengguna juga perlu mengambil tindakan lain untuk menjaga privasi dan keamanan data mereka saat menggunakan platform media sosial.

Kiat tambahan untuk menjaga privasi online termasuk memilih kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun, mengatur pengaturan privasi di platform media sosial, dan menghindari berbagi informasi pribadi yang sensitif secara online.