Cara Belajar Laptop Bagi Pemula
Cara Belajar Laptop Bagi Pemula

Inilah 7 Cara Belajar Laptop Bagi Pemula yang Wajib Diperhatikan!

Cara belajar laptop bagi pemula sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Untuk belajar laptop sendiri dapat dimulai dengan mempelajari cara menghidupkan dan mematikan laptop, serta menjalankan sistem atau aplikasi. Tak hanya itu, ada beberapa hal dasar yang perlu dipelajari untuk pra pemula. Untuk itu, simak beberapa hal dasar yang perlu kamu pelajari dalam mengoperasikan laptop dengan benar.

Cara Belajar Laptop Bagi Pemula dengan Benar

Saat ini keberadaan laptop menjadi sangat penting untuk menunjang kegiatan seperti pekerjaan maupun kegiatan belajar. Sehingga tak heran jika ada banyak orang yang mulai untuk belajar menggunakan laptop. Bagi pemula yang ingin belajar laptop tentunya harus mempelajari beberapa hal dasar terlebih dahulu. Setelah mulai fasih dengan hal tersebut, tentunya keterampilan dalam menggunakan laptop akan meningkat dengan sendirinya. Nah, berikut ini beberapa hal dasar yang perlu dipelajari pada setiap pemula.

1. Belajar Menyalakan Laptop

Cara belajar laptop bagi pemula yang pertama yaitu dengan mempelajari tentang bagaimana menyalakan laptop yang benar. Pada dasarnya untuk menyalakan laptop sendiri sangat mudah, kamu hanya perlu menekan tombol power di bagian pojok kanan atau kiri keyboard. Perbedaan posisi tombol power biasanya berbeda-beda untuk setiap tipe laptop, kamu dapat menyesuaikannya sendiri.

2. Belajar Mematikan Laptop

Hal dasar yang perlu dipelajari pemula selanjutnya yaitu tentang cara mematikan laptop. Untuk caranya sendiri juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengklik menu start di bagian pojok kiri layar laptop, lalu pilih opsi “shutdown” untuk mematikannya. Perlu kamu tahu juga bahwa mematikan laptop menggunakan tombol power sangat tidak disarankan.

Selain menu Shutdown, terdapat juga opsi Sleep yang digunakan untuk mengistirahatkan laptop dengan cara mematikan layarnya. Metode tersebut bukan berarti laptop sudah benar-benar mati, namun masih dapat dinyalakan kembali dengan cara menekan keyboard “spasi”, maka secara otomatis laptop akan menyala lagi.

3. Berlatih Menyambungkan Jaringan Internet

Cara belajar laptop bagi pemula selanjutnya yaitu berlatih menyambungkan jaringan internet. Untuk caranya yaitu kamu perlu memastikan jaringan internet tersedia dahulu. Apabila sudah, silahkan tekan ikon jaringan yang berada di Taskbar Windows, lalu pilih jaringan yang tersedia. Setelah itu silahkan masukkan password jika jaringan terkunci, selanjutnya klik “connect”. Dengan begitu jaringan internet akan otomatis sudah tersambung.

4. Menggerakan Kursor dengan Touchpad atau Mouse

Biasanya pemula yang baru pertama kali menggunakan laptop pastinya akan sedikit kaku dalam menggerakkan kursor ataupun mouse. Maka dari itu, dengan mencobanya secara rajin, maka keterampilan yang dimiliki akan terus meningkat. Kamu dapat belajar dengan cara menghafalkan beberapa hal dasar, misalnya ketika ingin membuka suatu file atau aplikasi harus dilakukan dengan mengklik secara dua kali berturut-turut. Untuk melakukan hal tersebut, kamu dapat menggunakan touchpad yang ada di laptop.

Nah, jika menggunakan mouse, hal pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan menghubungkannya ke laptop terlebih dahulu. Setelah itu, kamu dapat menggerakkannya dengan leluasa seperti untuk membuka aplikasi dan lain sebagainya.

5. Belajar Mengetik Di Microsoft Office

Cara belajar laptop bagi pemula selanjutnya yaitu dengan cara mencoba mengetik sesuatu melalui Microsoft Office. Untuk pemula, biasanya Microsoft yang sering digunakan yaitu Microsoft Word. Dengan mencoba membuka aplikasinya, kamu sudah dalam berlatih untuk mengetik sesuatu. Kamu juga perlu menghafalkan fungsi tools yang ada di dalam microsoft tersebut dengan mencari referensinya melalui internet.

Jika dirasa sudah fasih, kamu dapat mencoba menjalankan Microsoft PowerPoint atau Microsoft Excel. Biasanya untuk kegiatan presentasi, pastinya selalu memanfaatkan Powerpoint, sementara untuk membuat data berupa tabel, berarti harus menggunakan Microsoft Excel.

6. Berlatih Menggunakan Web Browser

Belajar menggunakan web browser juga sangat penting untuk dilakukan bagi pemula. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah kamu dalam mengakses berbagai informasi yang tersedia di internet. Ada beberapa aplikasi di laptop yang dapat digunakan untuk mengakses web browser, diantaranya yaitu Chrome, Mozilla Firefox, dan lain-lain.

7. Berlatih Melakukan Copy dan Paste

Untuk mengcopy paste suatu teks, kamu dapat menggunakan metode dengan cara mengklik kanan satu kali pada touchpad maupun mouse. Setelah itu, pilih opsi Copy untuk menyalin teks, setelah itu memilih opsi Paste jika ingin menempelkannya pada suatu file. Sebelum menyalin atau mengcopy teks, kamu perlu memblok teksnya terlebih dahulu dengan cara menekan dua kali pada touchpad lalu tekan lama dan tarik sesuai dengan teks yang ingin di blok. Namun jika menggunakan mouse hanya dengan mengklik kanan lalu tarik teks tersebut.

Nah, itulah cara belajar laptop bagi pemula yang perlu diterapkan untuk mengasah keterampilan. Dengan berlatih menerapkan berbagai hal dasar diatas, maka kamu akan semakin pandai dalam menggunakan laptop.