Cara Aplikasi Pupuk Boron
Cara Aplikasi Pupuk Boron

Cara Aplikasi Pupuk Boron agar Tanaman Berbuah Lebat

Cara aplikasi pupuk boron biasa digunakan untuk membuat tanaman jadi lebih subur sehingga bisa menghasilkan buah yang banyak. Pupuk ini bisa digunakan untuk berbagai pohon untuk mencegah terjadinya kerontokan daun dan batangnya.

Pupuk ini sangat berguna untuk mencegah kematian pada tanaman akibat suhu tanah terlalu panas sehingga daun rontok. Anda yang ingin menanam tanaman seperti buah-buahan, maka bisa memanfaatkan pupuk ini untuk mendapatkan protein untuk tanaman.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut, kami akan memberikan beberapa cara untuk menggunakan obat ini Anda perlu mengetahui tata caranya. Untuk lebih lanjut Anda bisa membaca artikel ini hingga akhir agar lebih mengerti.

Begini Cara Aplikasi Pupuk Boron yang Penting Digunakan

Pupuk boron bisa digunakan untuk kelestarian budidaya tanaman, sehingga nutrisinya terpenuhi dengan maksimal. Di dalam pupuk ini terdapat berbagai unsur nutrisi termasuk unsur makro dan mikro untuk memulai pemupukan.

Pemupukan adalah kegiatan pemberian pupuk ke tanah atau tanaman untuk memenuhi kebutuhan suatu unsur hara. Selama pemupukan tanaman membutuhkan nutrisi yang seimbang sehingga menunjang kelangsungan hidupnya.

Salah satu unsur hara mikro yang dibutuhkan oleh tanaman adalah boron. Boron memang unsur hara yang keberadaanya penting untuk dimiliki, meski begitu Anda harus membelinya dalam jumlah yang sedikit.

Hal ini karena unsur tersebut dibutuhkan penting dalam penutrisian tanaman, boron sendiri merupakan unsur mikro yang menyebabkan hambatan pertumbuhan tanaman. Jika tanaman kehilangan nutrisi boron maka akan menyebabkan pertumbuhan pucuk terhenti dan kemudian mati.

Ciri fisik tanaman kekurangan unsur boron terlihat pada warna daun muda yang hijau pucat dan jaringan pangkal daun akan rusak. Selain itu, kerusakan juga terjadi pada akar. Tanaman akan mengalami transformasi buruk jika kekurangan unsur ini.

Nah, biasanya unsur boron dibentuk dalam pupuk dan diperjual belikan di toko pertanian. Anda bisa mendapatkanya dengan mudah, sehingga tanaman Anda akan tubuh dengan sehat dan berbuah banyak. Kami akan memberikan cara aplikasi pupuk boron terlebih dahulu.

Cara Aplikasi Pupuk Boron

Pupuk boron bisa diaplikasikan ke berbagai tanaman, sehingga tidak heran jika ada banyak petani buah yang menggunakan pupuk ini. Untuk pengaplikasian tanaman ini tentunya dibutuhkan pengetahuan yang baik, pasalnya ada takaran khusu yang perlu diterapkan.

Sebelum mengaplikasikan pada tanaman Anda perlu tahu kalau pupuk boron  Anda harus tahu kalau pupuk boron ini harus digunakan secara sedikit saja. Hal karena pupuk ini sangat berpengaruh dalam produksi.

Untuk pengaplikasian pupuk ini, Anda bisa menggunakan cara berikut ini.

  1.       Pupuk boron bisa diberikan kepada tanaman dengan dosis 50-100 gram pada masing-masing pohon setiap dua kali setahun
  2.       Anda bisa memberikan jarak 30 sampai 50 cm, pada bagian pokok kelapa sawit
  3.       Anda juga bisa menaburkan pupuk pada akar rambut terbanyak yaitu pinggiran pohon
  4.       Taburkan pokok secara merata dan menyeluruh pada permukaan tanah
  5.       Anda harus meremas pupuk agar unsur hara dalam pupuk bisa terserap dengan baik
  6.       Anda perlu memperhatikan, apakah pohon yang ditaburi pupuk ini berbuah banyak maka harus diperhatikan berapa banyak pupuk yang diberikan

Fungsi Pupuk Boron

Jika Anda sudah mengetahui cara aplikasi pupuk boron maka kami akan memberikan  informasi mengenai fungsi dari pupuk ini. Jadi Anda bisa lebih paham akan fungsinya sehingga penggunaan pupuk juga bisa lebih efektif.

Pupuk digunakan untuk pembelahan sel, perkecambahan serbuk sari, pembentukan bunga dan penguat zat dalam tanah. Jika Anda terlalu banyak menggunakan pupuk boron ini, maka akan menyebabkan beberapa dampak seperti pucuk daun jadi kecil, tebal dan mudah mati.

Karena itu, pemupukan boron hanya dilakukan setiap enam bulan sekali. Dengan begitu dosis yang diberikan juga tidak terlalu banyak dan tanaman juga tidak menjadi buruk. Penggunaan pupuk ini penting agar tanaman bisa berbuah banyak.

Jadi itu tadi beberapa informasi mengenai cara aplikasi pupuk boron yang dapat kami berikan untuk Anda. Dengan cara tersebut Anda bisa lebih paham soal berapa kali pemakain dan dosis yang diberikan, sehingga bisa menghasilkan buah lebat.