Tak Hanya Smartphone, Ternyata Komputer Juga Ada Memori Cache

Ada berbagai jenis memori di PC Anda, dan masing-masing jenis dimaksudkan untuk menyimpan berbagai jenis data dan informasi. Masing-masing memiliki ukuran dan kecepatan yang berbeda, yang membuatnya efektif dalam menentukan seberapa banyak data dapat disimpan dan seberapa cepat data dapat diakses.

Namun bagaimana cara kerja memori cache dan hubungannya dengan prosesor? Selain itu, apa saja jenis memori cache dan dapatkah Anda meningkatkan jumlah memori cache yang tersedia untuk PC Anda? Apakah memori cache mempengaruhi aksesibilitas Anda ke w88?

Semua pertanyaan itu kami akan jelaskan ke pemaparan berikut ini. Selain itu kami juga akan menjelaskan mengapa ini penting, apa perbedaannya dengan RAM, dan mana dari dua jenis memori akses yang lebih baik.

Apa itu memori cache?

Memori cache adalah jenis penyimpanan data yang memungkinkan Anda mengakses informasi dengan tingkat respons lebih cepat dibandingkan jika Anda menggunakan hard drive utama PC Anda. Data dari program dan file yang paling sering Anda gunakan disimpan dalam jenis memori sementara, yang merupakan memori tercepat di komputer Anda.

Jenis memori sebenarnya yang digunakan untuk cache disebut memori akses acak statis berkecepatan tinggi (SRAM). Cache efektif karena memori ini cenderung lebih sering digunakan dan beberapa operasi sering diulang selama komputasi. Kadang-kadang disebut memori CPU atau memori cache CPU dan secara teknis merupakan bentuk memori akses acak (RAM).

Pentingnya Memori Cache

Cache penting karena kecepatannya yang berfungsi antara 10 hingga 100 kali lebih cepat daripada RAM, hanya memerlukan beberapa nanodetik untuk merespons permintaan CPU.

Hal ini juga meningkatkan kinerja karena semakin banyak data yang disimpan dalam cache, semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk mengakses informasi dalam RAM, sehingga lebih lambat dibandingkan sumber daya lainnya. Hal ini mengurangi latensi, yang berarti lebih banyak operasi per satuan waktu dapat dilakukan dengan sumber daya yang lebih sedikit, sehingga menghasilkan peningkatan kinerja.

Jenis memori cache

  • Memori cache dikategorikan menjadi tiga tingkat, masing-masing lebih besar dan lebih lambat dibandingkan yang terakhir.
  • Cache L1 sangat kecil namun cepat dan biasanya dimasukkan ke dalam prosesor sebagai cache CPU. Di sinilah instruksi dan data terkini yang mungkin diminta disimpan.
  • L2 cache dapat ditanamkan ke dalam prosesor atau koprosesor, biasanya pada bus sistem alternatifnya sendiri untuk menghindari perlambatan pada bus sistem utama.
  • L3 cache adalah memori khusus yang meningkatkan kinerja L1 dan L2. Meskipun L1 dan L2 jauh lebih cepat dibandingkan L3, L3 dua kali lebih cepat dari DRAM.

Cache versus RAM

Jika komputer tidak dapat menemukan informasi dalam cache, maka komputer akan mengambilnya dari RAM, karena RAM merupakan tempat penyimpanan utama data dan informasi. RAM jauh lebih murah dan memiliki lebih banyak ruang untuk penyimpanan.

Namun, cache 100 kali lebih cepat dibandingkan RAM sehingga ideal untuk menyimpan data yang paling banyak diakses sambil menjaga sisanya disimpan dalam RAM.

Cara mendapatkan lebih banyak memori cache

Mengetahui betapa pentingnya memori cache, wajar jika kita berpikir bahwa lebih banyak lebih baik. Namun sekadar memiliki lebih banyak ruang untuk cache tidak serta merta membuat PC Anda berjalan lebih cepat karena PC sudah mengetahui cara memprioritaskan data mana yang harus disimpan.

Jika Anda membeli PC kelas atas, sejumlah besar cache sudah disertakan dengan prosesor sehingga tidak ada alasan untuk mempertimbangkannya saat membeli komponen.

Namun, jika Anda menghapus cache melalui pengaturan browser, jika terlalu penuh dapat mempengaruhi kinerja.