Cara Cas Laptop yang Benar
Cara Cas Laptop yang Benar

Penting! Ini Dia Cara Cas Laptop yang Benar

Cara cas laptop yang benar harus kamu kamu ketahui dan juga harus kamu lakukan. Mengapa hal itu harus kamu lakukan? Karena jika kamu cas laptop dengan cara yang salah bisa menjadi masalah untuk laptop kamu.

Lebih parahnya hal itu bisa membuat laptop kamu menjadi rusak. Untuk itu, mengecas laptop dengan benar adalah salah satu cara untuk merawat laptop agar terhindar dari kerusakan.

Kita tahu bahwa laptop merupakan benda yang sangat penting untuk saat ini. Apalagi untuk kamu yang harus bekerja menggunakan laptop. Jika laptop mengalami gangguan sedikit saja pastinya akan membuat pekerjaanmu bermasalah.

Bagaimana Cara Cas Laptop yang Benar? Ini Dia Caranya!

Mengecas laptop mungkin merupakan hal sepele bagi sebagian orang. Namun, dampaknya akan sangat fatal jika dilakukan dengan cara yang salah. Berikut ini adalah cara cas laptop yang benar.

Isi Daya Laptop Sebelum Mati Total

Saat mati total adalah saatnya laptop harus dicas. Hal itu adalah hal yang tidak benar untuk kamu lakukan, yang harus kamu lakukan adalah jangan biarkan laptop hingga mati. Ketika baterai laptop hampir habis segera  isi dayanya.

Jika kamu biarkan laptop sampai mati total  dan baru isi daya, maka umur baterai menjadi lebih pendek. Selain itu,  bagian lain juga bisa terganggu. Untuk itu, ketika ada notifikasi baterai lemah, segera hubungkan daya.

Jangan Menggunakan Laptop Sambil Mengisi Daya

Cara cas laptop yang benar  adalah jangan menggunakan laptop saat melakukan pengisian daya. Namun, hal ini mungkin hanya berlaku untuk laptop edisi lama. Untuk laptop edisi baru biasanya sudah memiliki keamanan yang baik terkait dengan baterai laptop.

Pastikan Menggunakan Charger Original

Jika kamu ingin baterai yang panjang umurnya gunakan charger yang original. Charger yang tidak original apalagi dengan harga yang jauh lebih murah biasanya tidak memiliki kualitas yang baik atau dalam kata lain tidak akan bisa menandingi kualitas charger original.

Maka dari itu, jangan sampai kamu tergiur dengan charger dengan harga yang murah. Jika Charger kamu rusak belilah charger dengan merk yang sama dengan laptop kamu dan belilah charger di toko resmi agar terhindar dari barang tiruan atau kw.

Jangan Menggunakan Stop Kontak Bercabang

Stop Kontak bercabang untuk membagi arus listrik. Maka dari itu, arus yang ada pada stop kontak bercabang akan berbeda dari stop kontak utama. Pembagian arus yang mungkin tidak rata itu bisa berpengaruh buruk pada laptop kamu.

Perhatikan Suhu Perangkat

Saat mengisi daya jangan taruh laptop di tempat yang bisa membuat laptop menjadi panas. Suhu yang panas bisa memperlambat pengisian daya. Untuk itu jika saat mengisi daya dan  laptop kamu menjadi panas, segera pindahkan laptop kamu ke tempat yang dingin seperti lantai, keramik dan sebagainya.

Segera Hentikan Pengecasan Saat Baterai 100%

Jangan biarkan laptop terus terhubung dengan daya ketika baterai telah menunjukkan keadaan full atau 100%. Karena ada kemungkinan laptop akan mengalami kelebihan daya jika charger masih tersambung dengan daya listrik. Walaupun, mungkin pada laptop edisi terbaru sudah memiliki fitur yang bisa memutus daya saat baterai sudah penuh.

Tapi, dengan kamu melepas charger dari stopkontak, hal itu akan membuat kamu tidak boros listrik. Karena Charger yang tertancap di stop kontak walaupun tidak tersambung dengan laptop akan terus mengkonsumsi listrik.

Tutup Aplikasi yang Tidak Diperlukan

cara cas laptop yang benar bisa kamu lakukan dengan menutup aplikasi yang tidak diperlukan saat melakukan proses isi daya pada laptop. Mengapa kamu harus menutup aplikasi yang tidak diperlukan? Karena saat kamu membuka aplikasi, hal itu bisa membuat baterai cepat habis.

Maka dari itu, buka aplikasi yang diperlukan saja. Dengan menutup aplikasi yang tidak berguna bisa membuat proses isi daya menjadi lebih cepat. Selain itu juga bisa meringankan kinerja laptop.

Nah itulah cara cas laptop yang benar. Pastikan kamu ikuti cara di atas agar laptop kamu tidak mudah rusak. Semoga tips ini bisa berguna untuk kamu.