Cara Scan Foto di Laptop

Cara Scan Foto di Laptop Paling Mudah dan Praktis!

Cara scan foto di laptop tidak ada salahnya apabila kamu ketahui. Aktivitas scan pada foto pasti sering banyak orang lakukan. Selain foto, orang juga sering melakukan scan pada dokumen.

Melakukan scan foto pasti membutuhkan bantuan printer. Namun, juga terdapat beberapa cara scan foto tanpa menggunakan bantuan printer.

Inilah Cara Scan Foto Di Laptop Paling Praktis

Hasil scan foto biasanya sangat perlu dalam keadaan mendesak. Pasti cari cara supaya cepat dan mudah dalam melakukan scan foto. Scan foto tidak hanya bisa kamu lakukan dengan menggunakan bantuan printer.

Namun, tanpa bantuan printer kamu juga bisa melakukan scan. Jika membutuhkan hasil scan cepat cara ini bisa menjadi solusi. Berikut merupakan cara scan foto di laptop yang paling mudah:

Scan Foto Tanpa Printer Menggunakan Google Drive

Google Drive bisa kamu manfaatkan untuk scan foto pada laptop. Cara ini tidak membutuhkan bantuan printer untuk melakukan scan. Berikut merupakan cara scan foto menggunakan aplikasi Google Drive:

  1. Langkah pertama, download dan install terlebih dahulu aplikasi Google Drive.
  2. Apabila aplikasi sudah terpasang, lanjut bukalah Google Drive dan klik tanda +.
  3. Setelah itu klik menu scan, pastikan untuk mengatur posisi kamera laptop dengan foto yang tepat. Kamu bisa edit hasil tangkapan menggunakan fitur crop.
  4. Jika foto yang kamu ambil tidak sesuai dengan keinginan bisa klik tanda bulat untuk ambil ulang foto.
  5. Jika foto sudah sesuai, ubahlah hasil scan tersebut dalam bentuk PDF. Tunggulah beberapa saat sampai proses pengubahan file selesai.
  6. Jika sudah selesai, tekan tombol ceklis untuk mengubah nama hasil scan.
  7. Langkah terakhir kamu bisa menyimpan hasil scan foto pada laptop.

Scan Foto Tanpa Printer Menggunakan Aplikasi Office Lens

Cara scan foto di laptop selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi Office Lens. Dengan aplikasi ini kamu bisa scan foto tanpa menggunakan bantuan printer. Langkahnya juga cukup mudah untuk kamu terapkan. Berikut merupakan cara scan foto menggunakan aplikasi Office Lens tanpa printer:

  1. Langkah pertama download dan install terlebih dahulu aplikasi Office Line.
  2. Apabila sudah terpasang, bukalah aplikasi untuk melakukan scan.
  3. Jangan lupa untuk memberi izin aplikasi untuk akses kamera laptop.
  4. Nanti akan ada empat pilihan menu yang bisa kamu pilih yaitu whiteboard, document, business card dan foto. Lalu pilihlah menu foto untuk scan foto.
  5. Setelah itu akan muncul pengambilan gambar secara otomatis saat kamera diarahkan pada foto.
  6. Lanjut tekan tombol shutter jika bingkai scan sudah sesuai dengan foto.
  7. Setelah itu, hasil scan akan ditampilkan. Tetapi jika tidak terdapat hasil scan maka bisa tekan pilihan replace untuk mengambil ulang foto.
  8. Apabila hasil scan sudah tampil, lanjut pada tahap penyimpanan dengan klik menu save.
  9. Pada menu save ini kamu bisa memilih metode penyimpanan seperti dalam bentuk foto, word, powerpoint, dokumen, atau PDF.

Scan Foto Menggunakan Aplikasi Windows Photo Gallery

Cara scan foto di laptop selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi Windows Photo Gallery. Apabila menggunakan aplikasi ini akan membutuhkan printer sebagai alat bantu scan. Langkanya juga tidak kalah mudah dengan scan foto tanpa menggunakan printer. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk scan foto menggunakan aplikasi Windows Photo Gallery:

  1. Sebelum melakukan scan, pastikan terlebih dahulu printer dalam kondisi menyala dan terhubung pada port laptop.
  2. Selanjutnya, bukalah program Windows Photo Gallery pada laptop dengan cara klik start, dan ketikan windows photo gallery pada kolom yang tersedia. Jika sudah menemukan klik aplikasi tersebut.
  3. Apabila sudah masuk pada aplikasi pilihlah file, lalu import from camera or scanner.
  4. Langkah selanjutnya yaitu klik impor lalu scan.
  5. Setelah proses berhasil, foto akan muncul dan otomatis tersimpan pada file gambar. Kamu juga melakukan rename untuk mengubah nama file.

Scan Foto Menggunakan Aplikasi Paint

Cara scan foto di laptop bisa kamu lakukan dengan bantuan aplikasi paint. Paint merupakan program bawaan dari Windows sehingga semua pengguna pasti akan memilikinya. Apabila melakukan cara ini juga membutuhkan printer sebagai alat pendukung. Berikut merupakan cara scan foto menggunakan aplikasi Paint dengan bantuan printer:

  1. Langkah pertama, sebelum melakukan scan pastikan terlebih dahulu printer dalam kondisi menyala dan terhubung pada port laptop.
  2. Kemudian bukalah terlebih dahulu paint pada laptop dengan cara klik start, dan ketik paint pada kotak search yang tersedia, lalu klik program Paint tersebut.
  3. Jika Paint sudah terbuka lanjutkan dengan klik file lalu pilih from scanner or camera.
  4. Pilihlah opsi scan yang kamu inginkan apakah scan berwarna atau hitam putih, lalu klik scan.
  5. Setelah itu gambar akan muncul, lalu simpan file dengan cara klik save as dan masukkan nama file lalu klik save.
  6. Hasil scan foto akan tersimpan pada laptop kamu.

Scan Foto Menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop

Cara scan foto di laptop selanjutnya yaitu bisa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Langkah ini memang cukup ribet tetapi yang utama kamu harus memiliki program Adobe Photoshop. Program Adobe Photoshop ini tidak bisa kamu install secara cuma-cuma pada laptop atau komputer. Namun, bagi yang memiliki aplikasi ini bisa mengikuti langkah-langkah scan foto seperti berikut ini:

  1. Sebelum melakukan scan, pastikan terlebih dahulu bahwa printer dalam kondisi menyala dan terhubung pada port laptop.
  2. Selanjutnya bukalah program Adobe Photoshop pada laptop.
  3. Apabila program tersebut sudah terbuka pilih file dengan cara import, lalu klik WA support dan start.
  4. Telah terbuka pilihlah menu device printer lalu tekan ok.
  5. Kemudian kamu bisa pilih opsi scan yang sesuai keinginan seperti hitam putih atau berwarna.
  6. Apabila masakan sudah selesai foto akan muncul, kamu bisa menyimpan dengan cara klik save as dan mengganti nama tersebut. Jangan lupa untuk mengganti format file menjadi JPEG lalu klik save.

Scan Foto Menggunakan Windows Fax and Scan

Kamu bisa menggunakan Windows Fax and Scan untuk bisa scan foto. Tidak perlu aplikasi tambahan untuk melakukan scan foto menggunakan program ini. Windows Fax and Scan merupakan program bawaan dari windows sehingga kamu tidak perlu menginstal lagi. Berikut merupakan cara scan foto menggunakan Windows Fax and Scan:

  1. Sebelum melakukan scan pastikan terlebih dahulu bahwa printer sudah terhubung pada laptop.
  2. Setelah itu cari dan masuk pada aplikasi Windows Fax and Scan lalu pilihlah new scan.
  3. Selanjutnya kamu bisa merubah format file dalam sebelum melakukan scan. Jangan lupa untuk menghapus centang previewnya, lalu pilihlah preview jika sudah.
  4. Apabila hasil yang terlihat kurang, kamu bisa mengaturnya kembali dengan memilih preview. Jika sudah pilihlah opsi scan.
  5. Kemudian tunggulah sampai proses scan selesai, pada menu utama akan terlihat hasil scan.
  6. Jika file tersebut sudah muncul maka otomatis akan tersimpan pada laptop.
  7. Untuk melihat hasilnya kamu bisa masuk pada menu dokumen dan pilih folder scanned documents.

Nah, itu tadi ulasan tentang beberapa cara scan foto di laptop paling praktis dan mudah untuk kamu lakukan. Dengan berbagai pilihan cara tersebut, kamu bisa memilih cara yang paling mudah untuk dilakukan.