Cara Meredupkan Layar Laptop, Nomor 5 Paling Mudah
lutfisyafii.com

Cara Meredupkan Layar Laptop, Nomor 5 Paling Mudah

Cara meredupkan layar laptop perlu Anda ketahui sebagai pengguna laptop. Hal tersebut merupakan hal penting yang wajib diketahui bagi Anda mempunyai sensitivitas pada kecerahan cahaya layar komputer atau laptop. Pada prakteknya terdapat metode yang bisa Anda lakukan untuk meredupkan cahaya layar laptop Anda.

Pasalnya tidak semua orang akan cocok dengan pengaturan kecerahan awal pada sebuah laptop atau komputer. Dengan melihat keadaan tersebut, hampir semua produk laptop terdapat beberapa cara untuk meredupkan tingkat kecerahan. Hal tersebut supaya Anda sebagai pengguna dapat menemukan komposisi yang cukup tepat. Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredupkan layar laptop.

Cara Meredupkan Layar Laptop, Nomor 5 Paling Mudah
lutfisyafii.com

Beberapa Cara Meredupkan Layar Laptop

Layar laptop mempunyai pengaturan terang gelap yang bisa mudah Anda atur sesuai keinginan. Untuk mengatur pencahayaan pada laptop bisa Anda lakukan melalui kombinasi keyboard atau monitor. Lantas, bagaimana cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur pencahayaan pada layar laptop dengan mudah?

Menggunakan Monitor

Untuk cara yang pertama, cara meredupkan layar laptop yaitu Anda bisa mengatur tingkat kecerahan layar melalui layarnya secara langsung. Pada umumnya, monitor PC Desktop mempunyai tombol khusus yang ditujukan untuk mengatur tingkat kecerahan. Maka, Anda tidak perlu repot-repot untuk menekan tombol kecerahan guna mengatur cerah tidaknya sebuah layar.

Memakai Menu Personalize

Selain bisa menggunakan tombol khusus kecerahan pada area monitor. Maka Anda juga bisa memakai menu Personalize. Memang, umumnya menu tersebut dipakai untuk mengganti wallpaper pada layar laptop atau PC.

Akan tetapi, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk melakukan pengaturan pada kecerahan layar laptop Anda. Untuk cara meredupkan layar laptop juga sangat mudah, Anda bisa simak langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama, Anda bisa memasuki halaman Windows utama
  2. Kemudian klik kanan mouse
  3. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan dengan klik personalize
  4. Lalu, dapat Anda pilih display guna mengatur tingkat kecerahannya.
  5. Terakhir, klik Adjust Brightness serta atur sesuai dengan kebutuhan Anda

Menggunakan Fitur Action Center

Pada sistem operasi Windows terdapat fitur yaitu Action Center. Di sana Anda dapat melakukan pengaturan sistem dengan mendalam. Dimulai dari mengaktifkan tablet mode sampai dengan focus assist. Salah satunya juga dapat mengatur pada tingkat kecerahan. Untuk itu, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Anda bisa klik tombol Windows dengan bersamaan serta huruf A
  2. Anda bisa menunggu sampai fitur action center muncul
  3. Apabila sudah, Anda bisa klik menu ikon brightness secara langsung
  4. Terdapat sebuah persentase pada tingkat kecerahan
  5. Anda bisa mengatur tingkat kecerahan sesuai dengan kebutuhan Anda dengan cara mengurangi nilainya

Kombinasi Tombol Windows + X

Cara meredupkan layar laptop selanjutnya, Anda bisa menggunakan kombinasi keyboard antara tombol Windows + X. Pasalnya, cara tersebut lebih mudah untuk Anda lakukan. Dikarenakan tidak begitu banyak klik menu atau pilihan menu lainnya. Bahkan cara tersebut juga bisa Anda lakukan untuk Windows 7, 8, 9, hingga Windows 10. Berikut langkah-langkahnya, antara lain:

  1. Langkah pertama, Anda bisa tekan tombol Windows + X secara bersamaan pada keyboard
  2. Lalu klik Mobility Center
  3. Kemudian, klik menu itu serta akan  beberapa menu pengaturan dasar secara langsung
  4. Lanjutkan dengan gulir ke bagian bawah Display Brightness. Akan ada sebuah bar di bawah menu tersebut. Anda bisa menggeser ke kanan serta ke kiri guna mengatur tingkat kecerahan layar sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Simbol Kecerahan Layar di Keyboard + Fn

Apabila Anda merasa cara diatas begitu ribet. Maka Anda bisa mengikuti cara yang mudah berikut ini. Anda hanya perlu menekan tombol yang sudah ada pada keyboard. Cara tersebut juga bisa berguna untuk semua laptop dengan basis Windows apapun itu.

Langkah pertama, Anda dapat melihat di bagian keyboard dengan cara tombol Fn + simbol brightness. Umumnya, simbol brightness akan disimbolkan dengan gambar yang terang atau redup. Telah selesai,  kemudian tingkat kecerahan pada layar laptop telah Anda atur sesuai kebutuhan.

Perlu Anda ingat bahwa cara meredupkan layar laptop tersebut tergantung pada keyboard laptop yang Anda gunakan. Pasalnya, tidak semua keyboard terdapat simbol brightness. Anda bisa pastikan keyboard Anda terdapat tombol untuk mengatur tingkat kecerahan layar.