Cara Menyalin Link di Laptop
Cara Menyalin Link di Laptop

Cara Menyalin Link di Laptop dengan Mudah dan Praktis!

Cara menyalin link di laptop merupakan hal yang mudah. Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang menjadi penunjang berbagai aktivitas. Dalam menggunakan laptop pasti akan menemukan istilah copy paste atau bisa disebut dengan menyalin dan menempel. Kamu bisa saja menyalin sebuah link atau teks pada laptop.

Menyalin sebuah link merupakan suatu hal yang umum dilakukan saat beraktivitas menggunakan laptop. Dengan menyalin dan menempel merupakan salah satu cara yang bisa meningkatkan efisiensi pekerjaan. Daripada harus mengetik ulang lebih baik menyalin dan menempel supaya lebih cepat.

Cara Menyalin Link di Laptop dengan Mudah

Menyalin link di laptop merupakan cara yang mudah namun, masih ada orang yang belum mengetahui cara menyalin link di laptop. Terdapat banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menyalin link di laptop. Sehingga kamu bisa memilih salah satu untuk diterapkan. Berikut merupakan beberapa cara untuk menyalin link di laptop:

1. Menyalin Link di Laptop Tanpa Menggunakan Mouse

Apabila tidak mempunyai mouse atau touchpad laptop sedang rusak tidak perlu khawatir karena kamu tetap bisa menyalin sebuah link. Kamu bisa menggunakan kombinasi kombinasi keyboard untuk melakukannya. Langkahnya pun juga sangat mudah, berikut merupakan cara menyalin link di laptop tanpa Mouse:

  1. Langkah pertama pilihlah link yang ingin kamu salin terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya geser kursor dengan menggunakan tombol panah pada link yang ingin kamu salin.
  3. Untuk menyorot sebuah link tahan tombol Shift dan geser ke kanan atau ke kiri menggunakan tombol panah.
  4. Setelah berhasil menyorot sebuah link selanjutnya tekan kombinasi tombol CTRL+C untuk menyalin link tersebut.
  5. Selanjutnya letakkan kursor pada lokasi yang akan kamu tempel link tersebut.
  6. Setelah menemukan lokasi tekanlah kombinasi tombol CTRL+V untuk menempelkan tautan tersebut.

2. Menyalin Link di Laptop Menggunakan Keyboard dan Mouse

Menyalin link dengan bantuan keyboard dan mouse merupakan cara yang paling umum yang banyak orang lakukan. Langkahnya juga sangat mudah untuk kamu terapkan. Berikut ini merupakan cara menyalin link di laptop menggunakan keyboard dan mouse:

  1. Pertama pilihlah sebuah link yang akan kamu salin menggunakan mouse. Pastikan memilihnya dengan benar supaya berhasil menyalin link.
  2. Setelah link sudah berhasil terpilih tekanlah kombinasi tombol CTRL+C untuk menyalin.
  3. Langkah selanjutnya bukalah tempat untuk menempel link tersebut.
  4. Kemudian tekan tombol CTRL+V untuk menempel link tersebut.

3. Menyalin Link di Laptop Menggunakan Mouse Tanpa Keyboard

Cara menyalin link di laptop selanjutnya yaitu dengan menggunakan mouse tetapi tanpa akibat. Kamu bisa melakukan cara ini dengan mudah tanpa ribet. Berikut ini merupakan langkah menyalin sebuah link menggunakan mouse tanpa keyboard:

  1. Langkah pertama pilihlah link yang ingin kamu copy terlebih dahulu, sorot menggunakan mouse.
  2. Apabila sudah berhasil klik kanan pada mouse.
  3. Kemudian pilihlah opsi untuk melakukan copy.
  4. Selanjutnya letakkan kursor pada lokasi yang ingin kamu tempel link tersebut.
  5. Kemudian klik kanan lagi padamu selalu pilih paste untuk menempel link tersebut.

4. Menyalin Link di Laptop dari Internet ke Word

Cara menyalin link di laptop dari internet ke Word sangat mudah. Tautan tersebut tetap ada dan tidak hilang apabila kamu saling langsung pada Word. Berikut merupakan cara menyalin tautan dari internet ke Word:

  1. Langkah pertama salin link yang hendak kamu pindah pada Word terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya klik kanan dan pilih copy.
  3. Kemudian bukalah lembar kerja Word yang baru.
  4. Selanjutnya tekan kombinasi tombol CTRL+V untuk menempelkan link tersebut.

Fungsi Sebuah Link

Link adalah alamat yang dapat menghubungkan satu halaman ke halaman yang lainnya pada internet. Link bisa memudahkan para pengguna untuk mengakses berbagai kebutuhan informasi. Hal itu bisa terjadi karena link akan langsung mengarahkan pada halaman website. Tautan link biasanya beda dari teks biasa karena berwarna biru dan memiliki garis bawah pada teks.

Dengan menggunakan link siapa saja bisa mengakses berbagai informasi yang tersimpan pada server dan menemukan website secara online. Kamu juga bisa menyematkan link dalam sebuah gambar atau teks. Berikut merupakan beberapa fungsi link yang bisa kamu ketahui:

  1. Memudahkan para pengguna internet untuk mengakses dan menelusuri informasi yang tersimpan pada situs.
  2. Bookmark data saat pengguna internet akan mengakses kembali informasi pada sebuah web.
  3. Dapat membantu pengguna internet untuk berbagai data dan informasi baik yang berupa gambar, file, atau tautan halaman.
  4. Dapat menghubungkan berbagai dokumen HTML pada website.
  5. Bisa menjadi identitas sebuah website dan menggambarkan isinya.
  6. Dapat menentukan beberapa baik peringkat halaman pada search engine.
  7. Dapat menemukan halaman website baru pada search engine.

Berbagai Istilah Link

Pada link terdapat beberapa istilah yang bisa kamu ketahui. Berbagai istilah tersebut tentunya terdapat arti yang berbeda. Berikut ini merupakan berbagai istilah link:

1. Safelink

Safelink merupakan sebuah tautan yang berisi kombinasi angka dan huruf yang kompleks. Tujuan dari link ini yaitu untuk mengamankan tautan dari akses yang tidak ada izin oleh server. Jika link teridentifikasi tidak aman pengguna akan bahwa pada halaman yang menampilkan sebuah pesan peringatan.

2. Broken Link

Broken link merupakan tautan halaman website yang tidak bisa kamu akses atau temukan oleh pengguna. Hal seperti ini bisa terjadi dengan berbagai alasan seperti pemilik website salah memasukkan link, perubahan struktur link, atau elemen pada halaman rusak. Kondisi seperti ini akan menampilkan kode 404 error.

3. Shortlink

Shortlink merupakan tautan website yang lebih pendek. Dari tautan yang sebelumnya panjang akan dirubah menjadi lebih pendek tanpa mengubah isi informasinya. Fungsi dari shortlink ini yaitu untuk mengurangi ukuran file HTML.

4. Backlink

Backlink merupakan tautan dari satu website ke website lainnya. Biasanya mesin pencari dan Google menganggap backlink sebagai tingkat kepercayaan suatu website dan sinyal otoritas. Hal itu terjadi karena halaman website dengan jumlah backlink tinggi akan memiliki peringkat pencari juga tinggi. Oleh karena itu, backlink banyak digunakan pada pemilik website untuk meningkatkan tingginya pencarian.

5. Spam Link

Spam link merupakan sebuah tautan yang muncul dengan berlebihan dan akan menyalahi aturan suatu platform. Link jenis ini biasanya muncul pada komentar blog situs online dan forum diskusi untuk menampilkan komentar pemuda yang tidak ada kaitannya dengan konten. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan website yang tertera pada link.

6. Internal Link

Internal link merupakan sebuah tautan dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu website yang sama. Tautan ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung menemukan konten lain pada website yang sama. Penggunaan internal link ini bisa membantu meningkatkan peringkat halaman website pada hasil pencarian.

Nah, itu dia ulasan tentang cara menyalin link di laptop yang bisa kamu ikuti. Semua cara tersebut sangat mudah dan pastinya praktis tidak ribet. Kamu bisa menyalin berbagai link atau teks dengan mudah apabila menggunakan cara tersebut.