Cara Menghapus Tulisan di Laptop
Cara Menghapus Tulisan di Laptop

Inilah Cara Menghapus Tulisan di Laptop yang Mudah!

Cara menghapus tulisan di laptop sangat mudah untuk dilakukan. Laptop merupakan salah satu barang berharga yang bisa digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Aktivitas tersebut seperti bekerja, belajar, streaming video, bermain game, editing foto, atau editing video. Seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman banyak laptop yang memiliki teknologi dan spesifikasi canggih.

Sehingga bisa memungkinkan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan. Bekerja menggunakan laptop memiliki kelebihan sendiri seperti bisa cepat menyelesaikan suatu pekerjaan. Namun, sebagian orang merasa kesal apabila dan menulis pada laptop dan terjadi kesalahan dalam tulisan tersebut. Tentunya tulisan tersebut harus kamu hapus dan diganti dengan tulisan yang benar.

Cara Menghapus Tulisan di Laptop
Cara Menghapus Tulisan di Laptop

Begini Cara Menghapus Tulisan di Laptop yang Sangat Mudah Tidak Ribet!

Laptop mempunyai keyboard yang memiliki fungsi berbeda-beda. Banyak tombol-tombol yang bisa kamu gunakan untuk mendukung kegiatan saat menggunakan laptop. Selain itu, tombol kombinasi juga bisa kamu gunakan dalam berbagai kegiatan. Untuk menghapus tulisan atau teks di laptop biasanya orang menggunakan dua tombol utama yaitu tombol delete dan backspace.

Tombol delete pada laptop berfungsi untuk menghapus teks atau huruf yang berada setelah tombol kursor kamu tempatkan. Sedangkan tombol backspace berfungsi untuk menghapus tulisan yang berada sebelum tombol kursor ditempatkan. Apabila menghapus hanya satu atau dua kalimat saja penggunaan tombol delete dan backspace sudah sangat membantu.

Tetapi jika terdapat 50 atau 100 paragraf atau beberapa lembar halaman tulisan yang harus dihapus, penggunaan tombol delete dan backspace membuat pekerjaan terlalu lama dan pasti merepotkan. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan kombinasi-kombinasi dari tombol laptop untuk menghapus tulisan menjadi lebih cepat dan mudah. Berikut merupakan cara menghapus tulisan di laptop yang cepat dan tidak ribet:

1. Menghapus Tulisan dalam Satu Baris yang Sama

Dalam satu paragraf semakin banyak kalimat yang ada maka ruang tulisan tersebut juga akan semakin banyak. Apabila kamu ingin menghapus salah satu baris yang ada tanpa merubah baris tulisan yang lainnya bisa menggunakan cara ini. Cara menghapus tulisan di laptop dalam satu baris yang sama memiliki dua cara yang bisa kamu lakukan seperti berikut:

  1. Menggunakan sebuah kombinasi tombol Shift untuk memilih teks lalu lakukan blok untuk memilih kalimat yang akan kamu hapus dan gunakan tombol delete atau backspace.
  2. Menempatkan kursor pada awal kalimat berisi tulisan yang akan kamu hapus dan tekanlah tombol kombinasi Shift + FN + panah ke kanan untuk seleksi tulisan. Apabila teks sudah terpilih lalu hapuslah tulisannya.

Tersebut bisa kamu lakukan untuk menghapus tulisan dengan memilih kalimat tanpa adanya bantuan sebuah mouse. Tetapi bisa kamu lakukan hanya dengan tombol keyboard laptop saja.

2. Menghapus Semua Tulisan Dokumen

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak melakukan kesalahan dalam penulisan sehingga harus menghapusnya. Dalam menghapus semua isi tulisan dokumen mulai dari awal halaman sampai akhir kamu bisa melakukan cara menghapus tulisan di laptop seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama yaitu tekan tombol kombinasi laptop CTRL + A atau select all.
  2. Kemudian tekan tombol delete atau backspace, maka semua tulisan pada dokumen akan terhapus. Tidak hanya itu, elemen lain seperti tabel dan foto juga akan terhapus apabila menggunakan cara ini.

3. Menghapus Satu Kata Tanpa Melakukan Blok

Untuk menghapus kata dalam sebuah tulisan banyak orang melakukan blok teks atau seleksi teks terlebih dahulu baru dihapus. Menyeleksi teks tersebut bisa menggunakan dengan mouse atau keyboard. Tetapi dengan cara ini kamu tidak harus melakukan blok teks tetapi hanya fokus pada penggunaan tombol delete atau backspace dan penempatan kursor. Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus tulisan tanpa melakukan blok terlebih dahulu. Berikut merupakan cara menghapus tulisan di laptop hanya satu kata saja tanpa melakukan blok:

  1. Langkah pertama letakkan kursor sebelum akan kamu hapus. Setelah kursor berhasil kamu letakkan maka tekan tombol kombinasi CTRL + Delete untuk menghapus kata tersebut tanpa melakukan blok terlebih dahulu.
  2. Sebelum menghapus tulisan letakkan kursor setelah kata yang akan kamu hapus. Setelah kursor berhasil ditempatkan tekan tombol kombinasi CTRL + Backspace untuk menghapus data tersebut tanpa melakukan seleksi terlebih dahulu.

Cara ini memiliki perbedaan penempatan kursor pada awal atau akhir dari kalimat yang akan kamu hapus. Tetapi, perlu kamu ingat bahwa cara ini hanya untuk menghapus satu kata saja bukan satu kalimat atau satu paragraf.

4. Menghapus Salah Satu Paragraf

Apabila dalam penulisan terdapat kesalahan dalam satu paragraf saja kamu bisa menggunakan cara menghapus tulisan di laptop seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama, tekanlah tombol Shift terlebih dahulu pada laptop.
  2. Kemudian lakukan blok untuk memilih kalimat dalam paragraf yang akan kamu hapus.
  3. Setelah itu, pilihlah tombol delete atau backspace untuk menghapusnya.

Untuk aplikasi seperti WPS Office dan Office Word bisa juga dengan klik mouse ke kiri sebanyak tiga kali secara berturut-turut. Pastikan tidak menekan dalam waktu berdekatan atau lama supaya bisa berhasil blok tulisan.

5. Menghapus Tulisan Menggunakan Mouse

Selain tanpa mouse kamu juga bisa melakukan hapus tulisan dengan menggunakannya. Cara ini memang mudah dan biasa digunakan oleh orang. Berikut merupakan cara menghapus tulisan pada laptop menggunakan mouse:

  1. Langkah pertama blog terlebih dahulu tulisan pada laptop dengan menekan mouse sambil memilih tulisan yang ingin kamu hapus.
  2. Jika tulisan yang akan kamu hapus sudah diblok kemudian tekan tombol delete pada keyboard.
  3. Setelah itu tulisan yang sudah terblok tadi akan langsung terhapus dalam satu kali tekan.

Tips Supaya Tulisan di Word Rapi

Dalam penulisan pasti memerlukan sentuhan akhir yang bisa mempengaruhi kenyamanan pembaca. Tulisan harus rapi, bersih, ideal, dan tertata supaya mudah dibaca. Rapi dalam Microsoft Word umumnya memiliki paragraf yang rata, tepi yang pas, warna sesuai, dan bebas dari format mengganggu. Berikut merupakan tips supaya tulisan menjadi rapi sehingga enak dalam membacanya:

1. Hilangkan Hyperlink yang Tidak Diperlukan

Apabila menyalin tulisan dari internet kemungkinan hyperlink ikut pasti ada. Teks hyperlink akan memiliki warna berbeda, biasanya akan berwarna biru dan tetap bertahan saat dokumen tercetak. Untuk hilangkan hyperlink klik kanan pada kata yang ada hyperlink lalu pilih opsi remove hyperlink.

2. Hilangkan Efek Formatting dari Hasil Copy Paste

Saat menyalin tulisan dari website terkadang ukuran teks, warna latar, dan font juga ikut tersalin. Hal ini dinamakan dengan efek formating dan harus kamu hilangkan saat membuat tulisan pada Word. Untuk menghilangkan formatting tersebut kamu bisa ikuti cara seperti di bawah ini:

  1. Langkah pertama pilihlah teks yang ingin kamu hilangkan efek formattingnya.
  2. Selanjutnya, tekan menu home dan pilih clear formatting.
  3. Setelah itu efek formatting pasti akan hilang dari tulisan.

Fitur clear formatting ini biasanya akan membersihkan warna latar pada teks saja. Sehingga kamu tetap perlu menyesuaikan ukuran, font, dan warna teks sesuai dengan keinginan. Jangan lupa untuk meratakan paragraf supaya tulisan tampil rapi.

Nah, itu dia ulasan tentang berbagai cara menghapus tulisan di laptop dengan mudah dan cepat.