Cara Menggunakan Postman
Cara Menggunakan Postman

Cara Menggunakan Postman Termudah, Pemula Wajib Tahu!

Cara menggunakan postman sebenarnya mudah. Anda baru bisa menggunakan postman setelah mengetahui cara menginstalnya. Setelah itu barulah lakukan uji coba untuk membuka sebuah website google.com. Namun sebenarnya apakah Anda tahu apa itu postman?

Pada mulanya, postman merupakan bagian add-on dari chrome. Namun saat ini pengembang IT telah menyulap postman menjadi aplikasi native. Sebagai informasi bahwa aplikasi native merupakan bahasa pemrograman spesifik berupa tulisan sehingga platform yang dituju mudah menerimanya baik itu Android, OS, iOs, atau platform lainnya.

Kembali ke pembahasan awal, tentang apa itu postman. Postman merupakan aplikasi yang biasanya digunakan oleh pengembang untuk menguji coba atau testing web dimana pemasangannya ditempatkan pada browser chrome. Selain menguji, tujuan postman juga untuk merancang, membangun, serta mengulangi API para pengembangnya.

API atau kependekan dari Application Programming Interface merupakan antarmuka pemrograman aplikasi. Artinya, interface tersebut berperan menghubungkan 2 aplikasi atau lebih dalam satu waktu atau secara bersamaan sehingga memudahkan pembuatan bahasa pemrograman.

Cara Menggunakan Postman yang Mudah Bagi Pemula

Bagi Anda yang berminat menggeluti dunia per-website-an, maka penting untuk mengenal lebih dalam tentang postman. Mulai dari bagaimana cara menginstal aplikasinya, apa saja ekstensinya, hingga cara menggunakannya.

Tak perlu bingung. Simak baik-baik ulasan bagaimana cara menginstal postman berikut ini.

Siapkan Browser Chrome

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa penempatan postman adalah pada browser chrome, maka terlebih dahulu Anda harus memastikan telah memilikinya. Apabila belum, cari di laman google. Temukan browser chrome baik dari halaman resmi atau melalui situs. Pilih saja sesuai keinginan Anda karena di ada berbagai chrome tersedia di sana. Apabila telah menemukannya, lakukan penginstalan.

Temukan Aplikasi Postman di Google

Selanjutnya, silakan melakukan pencarian aplikasi postman. Tak perlu bingung. Aplikasi ini mudah Anda peroleh baik melalui kolom search engine google maupun lewat web store pada chrome.

Setelah menemukannya, silakan klik Add to Chrome untuk penginstalan aplikasi atau ekstensi postman. Tunggu beberapa saat hingga 100% proses download dan penginstalan berhasil. Secara otomatis, Anda telah berhasil memasang aplikasi postman di Chrome.

Login dengan Akun

Cara menggunakan postman selanjutnya adalah silakan buka aplikasinya, kemudian login-lah dengan menggunakan akun google atau mendaftar terlebih dahulu. Anda tinggal memilih hendak menggunakan yang mana

Apabila lupa alamat email dan password, maka Anda wajib melakukan pendaftaran lagi atau sign up. Aktifkan logo yang berada di sebelah kiri N SYNC.

Langkah Uji Coba

Apabila aplikasi postman berhasil terbuka, maka Anda bisa melakukan tahapan uji coba. Setelah mengaktifkan postman, cobalah menguji postman.

Langkah sederhananya adalah misalkan Anda hendak menggunakan get google.com maka layar akan menampilkan menu body lengkap dengan sintak atau source code. Adapun source code tersebut berfungsi sebagai penampil halaman awal pada google.com.

Cari dan Temukan Postman Interceptor

Selanjutnya, Anda berada pada tahap pencarian Postman Interceptor. Klik Add to Chrome untuk memasangnya di Chrome. Untuk pengecekan, Anda bisa melihatnya melalui titik 3 yang berada pada pojok kanan atas layar, tepatnya berupa logo lingkaran. Bila tadinya posisi postman interceptor pada posisi off, silakan mengubahnya ke posisi on.

Uji Coba untuk Login ke Facebook

Uji coba postman ke facebook ini sudah bisa dimulai apabila semua langkah sebelumnya telah Anda lalui, posisi postman dan chrome juga sudah siap dibuka.

  • Silakan buka link facebook pada chrome.
  • Lanjutkan dengan mengisi alamat email dan password.
  • Pastikan Anda mengisikan email beserta password dengan tepat sehingga proses login ke facebook lancar.

Sebagai informasi bahwa saat mengakses ke situs atau halaman web di chrome, maka history pencarian yang Anda lakukan otomatis akan tersimpan di halaman postman.

Apakah Postman Gratis?

Adapun pengunduhan dan penginstalan Postman tersedia secara cuma-cuma alias gratis. Hal ini karena postman merupakan proyek open source. Pemula tak akan menemukan kesulitan apapun karena sangat mudah untuk mengunduh dan menginstal postman sama halnya seperti aplikasi komputer lainnya.

Namun, terlepas dari versi gratis tersebut, postman juga menawarkan versi berbayar tentu saja dengan fitur yang relatif lebih profesional. Fitur tersebut meliputi kontrol atas peran, autentikasi SSO, akses, dan lain sebagainya. Hal ini tentu menguntungkan para penggunanya untuk mengatur sesuai kebutuhan, menulis spesifikasi, hingga memantau setiap langkah.

Bagaimana Cara Post di Postman

Post merupakan metode untuk menambah data informasi. Adapun tahapan cara post menggunakan postman adalah :

  • Silakan buka aplikasi Postman yang telah berhasil Anda instal
  • Selanjutnya, pilih metode Post kemudian lanjutkan dengan membuka URL https://reqres.in/
  • Setelah jendela https://reqres.in/ berhasil terbuka, pilih opsi metode POST= Create, Copy Request, kemudian lanjutkan dengan mengcopynya ke aplikasi postman. Caranya adalah dengan memasukkan URL API.
  • Lanjutkan dengan pilih opsi tab Body kemudian pilih form Urlencode.
  • Cara POST menggunakan postman berikutnya adalah melakukan input data key lengkap dengan valuenya kemudian lanjutkan dengan tekan tombol Send.
  • Nah, pada bagian body yang tampil memungkinkan Anda untuk menambahkan data informasi terkait.

Cara Memperbarui Data/PUT

Metode ini adalah cara memperbarui data informasi menggunakan postman. Panduan mudahnya adalah:

  • Silakan buka aplikasi Postman.
  • Setelah jendela Postman terbuka, pilih opsi metode PUT.
  • Kemudian bukalah URL https://reqres.in/, setelah berhasil mengaksesnya, pilih opsi PUT kemudian salin ke aplikasi dan masukkan URL API yang dipakai.
  • Silakan pilih tab body lanjutkan dengan pilih opsi urlencode. Ubah data terkait kemudian klik tombol Send.

Bagaimana Cara Delete di Postman

Pengguna dapat menghapus akun dari Pengaturan Akun Anda dan memilih Hapus Akun. Dengan catatan sebagai berikut:

Setelah akun dihapus, maka tidak lagi dapat diakses oleh Anda atau orang lain.

Jika Anda menghapus akun, kemungkinan yang pasti terjadi adalah semua data Anda akan dihapus dan tidak dapat dipulihkan. Oleh karena itu, ada baiknya mengekspor data Anda terlebih dahulu.

Menghapus data akun berarti mengharuskan Anda menghapus akun Postman Anda.

  1. Cara Menghapus Akun Postman dengan Satu Akun

Ini merupakan cara ketika Anda memiliki satu akun. Panduannya adalah:

    • Silakan buka pengaturan akun
    • Kemudian pilih opsi Hapus Akun.
    • Selanjutnya, masuklah ke halaman tempat Anda dialihkan. Secara otomatis akun dan data Anda telah dihapus.
  1. Cara Hapus Akun Sebagai Anggota Suatu Tim

Cara menghapus akun postman berikut adalah saat Anda menjadi bagian dari tim. Tutorial mudahnya adalah:

    • Silakan buka pengaturan akun.
    • Kemudian lanjutkan dengan pilih opsi Hapus Akun¬† kemudian klik Lanjutkan.
    • Selanjutnya silakan tekan opsi Pilih Tinggalkan Tim.
    • Maka Anda akan masuk ke halaman tempat dimana Anda dialihkan. Otomatis akun dan data Anda dihapus.

Bagaimana, cara menggunakan postman, di postman, hingga cara delete di postman tadi tidak hanya mudah untuk disimak bukan, tetapi mudah juga untuk langsung Anda terapkan. Eksplor juga fitur-fitur canggih pada aplikasi Postman untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda jauh lebih efektif dan efisien.