Penyebab dan Cara Mengatasi IndiHome Lemot Agar Ngebut

Mahtekno.com – IndiHome merupakan salah satu provider WiFi terbesar dan paling banyak digunakan oleh semua sektor rumah yang di Indonesia. Namun, sayangnya meski terbilang ramai dinikmati tidak sedikit banyaknnya pengguna seringkali mengeluhkan suatu masalah yang terjadi ialah internet lemot.

Selain itu, ada juga sebagian orang mempertanyakan tentang mengapa WiFi IndiHome lemot padahal penggunaan lebih dari 10 Mbps. oleh sebab itu, kalian harus pahami lebih dulu karena tidak hanya satu masalah faktor saja yang mengalami gangguan pada jaringan internet kalian.

Karena meski banyak masalah kalian juga bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang memberikan dukungan agar sambungan menjadi stabil. Mendengar hal itu kalian bisa mengenal seluruh penyebab dan membantu mengetasi IndiHome lemot bagi seluruh pengguna layanan tanpa terkecuali.

Terpenting dari informasi yang sebentar lagi akan kami jelaskan kalian harus simak baik-baik dan jangan lupa praktikan sendiri sesuai masalah yang sedang dialami selengkapnya sebagai berikut.

Pahami Sejumlah Penyebab Terjadinya IndiHome Lemot

Ketika sedang asik bermain game ataupun melakukan aktivitas pada perangkat gadget terganggu oleh sesuatu masalah pada jaringan internet yang lemot. Tentu hal tersebut memang menimbulkan rasa kesal muncul dengan terjadinnya masalah terutama ketika memakai sambungan WiFi.

Sebenernya bukan hanya satu faktor saja melainkan ada banyak penyebab terjadi sambungan internet IndiHome sinyal putus seperti gangguan teknis, kabel putus, maintence atau pun lainnya. Sedangkan untuk penyebab lain seperti koneksi lemot mempunyai beberapa faktor yang tidak kalian pikirkan.

Meski begitu, kalian tidak perlu khwatir karena apabila ada penyebab maka ada solusi sama agar koneksi bisa kembali berjalan secara baik. Lalu, bagaimana bisa? Ya semua orang pasti diberikan kebebasan dan bisa melakukannya seperti pahami dulu penyebab lain selengkapnya dibawah ini.

1. FUP Indihome Melebihi Batas

Faktor penyebab pertama yang mungkin suatu saat terjadi tidak terduga ketika IndiHome menjai lemot yaitu FUP IndiHome sudah melebihi batas / habis. Jadi, sekalipun koneksi kalian termasuk kategori paket Unlimited terjadi tidak terduga oleh semua orang karena FUP masih diterapkan.

Sehingga bagi kalian mengalami masalah seperti ini FUP IndiHome habis maka solusi tepatnya segera mempercepat sambungan dengan meng-upgrade ulang paket untuk kembali digunakan setiap saat. Walaupun terlihat sepele, memang sudah seharunya kalian melakukan pengecekan ulang.

2. Gangguan Teknis

Penyebab kedua pastinya semua orang yang menggunakan internet WiFi IndiHome pasti akan merasakannya yaitu tidak bisa diatasi oleh cara apapun. Karena ketika terjadi suatu gangguan pada teknis kalian hanya perlu menggu sesuai waktu yang ditentukan internet kembali normal.

Terpenting kalian hanya perlu memastikan semua yang diberikan dalam kondisi normal dan suatu saat pasti terjadi masalah maintenace atau gangguan teknnis dilakukan oleh pihak IndiHome sendiri. Maka dari itu, kalian tidak perlu cape melakukan apapun hanya menunggu sampai seperti semula.

3. Penempatan Router Kurang Pas

Posisi router sangat-sangat berpengaruh besar terhadap satu faktor utama yang terjadi mempengaruhi suatu kecepatan pada WiFi yang ada disekitar ruangan atau rumah kalian. Oleh sebab itu, perlihatkan disekitar ketika meletakan Router harus sesuai prosedurnya.

Dimana harus dingat dan waspadai jangan letakan di ruangan tertutup, terlalu rendah, bahkan tinggi atau dekat dengan barang elektronik lainnya. Semua itu berpotensi WiFi menjadi lemot tidak stabil sampai kapan pun apabila kalian tidak melakukan pemindahan kepada alat Router-nya.

4. Perangkat Rusak / Erorr

Faktor selanjutnya yang menyebabkan koneksi internet lemot yaitu satu masalah seringkali luput dari perhatian banya orang adalah kerusakan perangkat. Bahkan, tidak hanya kerusakan melainkan erorr pada router membuat sambungan pada WiFi yang dipasang menjadi bermasalah sepenuhnya.

Selain itu, dari kabel Opic pun bisa membuat sambungan pada jaringan menjadi terganggu dari biasannya. Jadi, diharapkan setiap saat pastikan kondisi perangkat kalian agar selalu berfungsi baik untuk menghindari turun-nya kecepatan IndiHome.

5. Paket Penggunaan Wifi Terlalu Banyak

Setiap paket bukan hanya pada kuota internet saja melainkan koneksi WiFi pun memang sudah memiliki ketentuan dalam membatasi pengguna tertentu yang bisa tersambung. Nah, hal itulah baik dilakukan agar tidak terjadi masalah guna memperlancar serta menjaga kualitas jalannya internet.

Namun, sangat disayangkan sejumlah orang memang masih menentang dengan menyambung banyak perangkat ke jaringan WiFi melebihi batas maksimum. Untuk itu, diharapkan agar internet kalian tidak dibobol oleh orang yang menganggu kenyamanan selalu pastikan password selalu diubah.

Cara Mengatasi IndiHome Lemot Agar Kembali Ngebut

Apabila dirasa kalian sudah yakin dengan yang sedang terjadi pada koneksi internet WiFi IndiHome menjadi lemot dan itu dirasa tidak biasa. Termasuk setelah melihat sejumlah penyebab paling banyak dialami, saatnya kini beralih ke pembahasan berikutnya yaitu cara mengatasi masalah tersebut.

Diingatkan, terdapat berbagai macam cara bisa coba kalian gunakan sesaat dimana ketika ingin mengatasi masalah internet lemot seperti ini. Hal itu bisa kalian perlihatkan lewat sekumpulan cara berbeda-beda disetiap masalahnya tergantung apa yang sedang dialami selengkapnya berikut ini.

1. Gunakan Satu Stop Kontak Modem

Cara pertama untuk bisa mengatasi masalah IndiHome lemot, yaitu dengan menggunakan satu stop kontak modem secara maksimal. Jadi, apabila terlalu berlebihan bisa menyebabkan terjadinya masalah yang memang seharunya kalian pakai satu stop kontak khusus, ya.

Tidak hanya itu, kalo bisa diusahakan kalian hindari penggunaan berlebihan pada saluran perangkat listrik dari stop kontak tersebut. Karena apabila dirasa begitu artinya berpotensi mempengaruhi performa kecepatan internet WiFi IndiHome yang kalian gunakan.

2. Restart Ulang Router Yang Dipakai

Pahami bahwa Router adalah salah satu perangkat yang seringkali menjadi penyebab terjadinya masalah pada sambungan koneksi IndiHome menjadi lambat. Atau lebih detailnya sebagai satu alat yang sepenuhnya bertanggung jawab atas semua perangkat yang dipakai internet ini.

Suatu masalah muncul terkadang dialami terjadinya error ketika setelah digunakan beberapa lama yang menjadikan penyebab gangguan kecepatan internet lemot. Nah, solusinya kalian bisa restart ulang Router biasannya ampuh membantu menghilangkan erorr yang terjadi ketika dipakai.

3. Bersihkan Cache Pada Browser

Bagi yang sedang merasakan internet IndiHome lemot maka solusinya coba gunakan cara satu ini adalah bersihkan cache pada browser. Karena bagi yang belum tahu Cache merupakan suatu ruang penyimpanan sementara memiliki fungsi supaya mempercepat waktu loading.

Sedangkan sebaliknya Cache Browser adalah sebagai salah satu tempat penyimpanan ditunjukan sebagai bantuan agar kegiatan kalian ketika penelusuran menjadi lebih cepat. Jadi, itu artinya penggunaan Browser yang berlebihan berpotensi menjadikan internet IndiHome lemot.

Maka dari itu, solusinya coba untuk kalian ikuti tips kali ini mengatasi masalah yang sedang dialami menghapus data Cache Browser secara rutin semua itu demi kelancaran internet kedepannya.

4. Perhatikan Penempatan Router Indihome

Masalah kecil semua orang alami disaat melakukan pemasangan Router perhatikan setiap sisi sudut disekitar karena tidak semua lokasi/tempat bisa memaksimalkan kinerja router secara baik, loh. Hal ini terbukti beberapa titik tidak begitu maksimal berpotensi menghambat lajur WiFi menjadi lemot.

Untuk itu, mengatasi masalah tersebut cukup mudah dan semua orang pasti bisa menyelesaikannya dengan sempurna yang mana siapkan tata letak router jangan terlalu rendah, tinggi atau bahkan terhalang dinding terutama oleh seuatu benda diruangan tersebut.

Jadi, segera pindahkan alat Router ke tempat yang jauh lebih luas supaya jaringan pada WiFi IndiHome kalian jadi lebih stabil tanpa ada penghambat dari posisinya.

5. Segera Batasi Jumlah Pengguna

Seperti terlihat ada banyak penyebab tidak terfikirkan yang membuat koneksi internet pada IndiHome sering terganggu dan kini solusi tepat mengatasinya selain terjadi error di perangkat. Bisa juga karena penggunaan pada jaringan sudah melebihi batas jumlah yang ditentukan.

Maka jika dilihat contohnya ketika IndiHome kalian hanya mampu 10Mbps/s lalu penggunaan lebih dari 5 perangkat tersambung maka artinya kemungkinan besarnya disetiap yang menerimnya menjadi sangat kecil. Oleh karena itu, solusinya segera batasi jumlah pemakai dan gunakan password router terbaik agar tidak bisa dijangkau perangkat luar.

6. Gunakan Bantuan Repeater

Cara ini hanya diperuntukan bagi mereka yang sekiranya memiliki area rumah cukup luas dan hanya mempunyai 1 tingkat modem, sudah pasti tidak semua ruangan mendapatkan kekuatan sinyal WiFi yang kencang atau lebih dikenal dengan kurang menjangkau lokasi perangkat kalian.

Maka, solusi tepatnya coba gunakan bantuan dengan memakai Repeater yang berfungsi menangkap WiFi sekaligus memancarkannya kembali. Tentu alat ini sangat bermanfaat menjangkau tingkat sinyal menjadi lebih stabil dan tentunya kencang dari sebelumnya diarea sekitar rumah kalian.

7. Gunakan Fungsi CMD

Terlihat dari beberapa cara diatas, kami juga mempunyai cara baru untuk kembalai mempercepat koneksi internet menjadi lebih maksimak dengan memanfaatkan penggunaan fungsi CMD. Apalagi, cari ini bebas kalian lakukan kapan pun sesuai kebutuhan tanpa aplikasi tambahan.

Berikut kami sampaikan cara settings WiFi IndiHome agar stabil menggunakan Commandd Prompat (CMD) untuk mengatasi masalah gangguan internet yang kalian alami tinggal simak selengkapnya langkah demi langkah sampai akhir ulasan sebagai berikut.

  • Pertama silahkan buka Command Prompat ( CMD) disetiap masing-masing perangkat Laptop ataupun PC yang sebelumnya tersambung koneksi WiFi.
  • Setelah itu, lanjut ketik ipconfig di halaman CMD sebagai bentuk untuk mengetahui alamat IP.
  • Trakhir kembali ketik opsi Ping I (Jumlah Request Bandwitch) (IP Adress).
  • SELESAI.

8. Upgrade Tingkat Kecepatan Paket

Jika menurut kalian dari ke enam cara diatas masih belum begitu mampu mengetasi WiFi IndiHome lemot, mungkin saran lain untuk coba kalian terapkan poin penting untuk menambah atau upgrade tingkat paket kecepatan internet yang digunakan agar lebih ngebut tanpa masalah.

Karena secara umum ketika terjadi suatu masalah pada jaringan internet melambat mungkin terjadi dari pola penggunaan pada WiFi sudah begitu banyak. Sehingga sangat membutuhkan koneksi cepat dan setabil untuk memenuhi semua keinginan kalian dengan menambah paket kecepatan internet.

Penutup

Demikianlah tadi informasi terbaru kami lewat artikel berjudul Penyebab dan Cara Mengatasi IndiHome Lemot Agar Ngebut. Jadi, silahkan kalian perhatikan satu per satu disetiap cara bisa digunakan mengatasi masalah koneksi menjadi lancar kembali.

Berharap sesampainnya diakhir ulasan semoga penjelasan diatas bermanfaat dan membantu jalnnya penggunaan kalian kedepannya agar tidak merasa kebingungan. Cukup sekian pembahasan Penyebab dan Cara Mengatasi IndiHome Lemot Agar Ngebut ini, kami ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di pembahasan artikel selanjutnya.