Cara Membesarkan Layar Laptop
Cara Membesarkan Layar Laptop

Yuk, Intip Berbagai Cara Membesarkan Layar Laptop Mudah Sekali!

Cara membesarkan layar laptop terdapat banyak metode bissa pengguna coba dan lakukan hanya menggunakan langkah mudah serta cepat. Ya, tampilan layar sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

Kadangkala tulisan yang terlalu kecil pada layar laptop atau PC akan menyebabkan Anda kesulitan dalam membaca. Maka dari itu, penting sekali Anda mengatur tampilan layar dengan membesarkan atau mengecilkannya.

Cara untuk membesarkan layar pada laptop tidak sama seperti yang ada pada ponsel, ya. Pada layar HP Anda tidak perlu susah-susah untuk memberikannya apalagi untuk HP sudah layar sentuh hanya tinggal membesarkannya dengan dua jari saja. Lantas bagaimana sih cara memperbesar layar pada PC atau laptop?

Inilah Cara Membesarkan Layar Laptop!

Cara membesarkan layar laptop itu mudah lelah hanya sekejap mata pun problem seperti itu bisa Anda atasi dengan cepat. Laptop merupakan perangkat keras yang sekarang ini sudah banyak orang menggunakannya dalam hal apapun.

Mulai dari pendidikan hingga pekerjaan, jadi dengan adanya laptop ini semua aktivitas digital akan lebih mudah terselesaikan. Sebab laptop menghadirkan banyak fitur dan fungsi tersendiri bagi penggunanya.

Apalagi sekarang ini sudah banyak produk merk laptop dengan kualitas bagus dan canggih bisa Anda pilih serta gunakan. Namun ada beberapa pengguna yang mengalami mengenai cara memperbesar layar pada laptop. Padahal caranya sangat mudah tanpa harus membutuhkan waktu lama.

Berikut beberapa metode untuk Anda adalah memperbesar layar pada PC atau laptop:

1. Memperbesar Layar Laptop Melalui Bantuan Mouse

Metode pertama untuk memperbesar layar pada komputer atau laptop yakni dengan menggunakan bantuan mouse. Ya, mouse perangkat keras tambahan wajib banget untuk Anda miliki.

Sebab dengan adanya mouse, Anda akan lebih mudah dalam mengoperasikan dan menjalankan laptop. Salah satunya dalam memperbesar layar pada PC. Untuk caranya menggunakannya pun mudah tidak sulit.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik dan tahan tombol Ctrl pada keyboard laptop Anda.
  • Gerakan scroll mouse ke atas guna memperbesar layar dan ke bawah untuk memperkecil layar.
  • Anda juga bisa mengembalikan ukuran layar seperti semula dengan tombol ctrl dan 0 secara bersamaan, ya.

2. Melalui Windows Magnifier

Cara membesarkan layar laptop kedua dengan metode Windows Magnifier. Ya, metode kedua ini Anda harus menggunakan Windows 7 atau 8 serta bertema Aero. Jika sudah, barulah Anda bisa menggunakan metode kedua ini. Untuk cara membesarkan layar pada PC atau komputer dengan metode kedua ini yakni Windows Magnifier sangat mudah.

Berikut beberapa langkah-langkahnya:

  • Klik saja menu start>all programs>accessories>ease of acces> magnifier atau dengan mengetik “Magnifier” pada kotak pencarian Windows dan enter saja.
  • Lalu bukalah Aplikasinya, klik tanda + untuk memperbesar serta tanda – untuk memperkecil layar.
  • Pada menu view, tentukan mode ingin Anda pilih. Disini Anda menentukan 3 pilihan kode yakni Full Screen, Lens, dan Docked.
  • Pindahkan pointer ke bagian yang ingin Anda perbesar, misalnya Docked.
  • Untuk membesar layar laptop dengan keyboard, hanya tinggal menekan tombol Windows dan tanda + untuk mengaktifkan Magnifier pada Windows 10.
  • Jika Anda ingin memperkecil layar, klik saja tombol Windows dan tanda – secara bersamaan.

3. Melalui Bantuan Keyboard

Metode ketiga untuk Anda coba dalam membesarkan layar laptop adalah memanfaatkan dan menggunakan keyboard. Metode ketiga ini banyak sekali orang yang menggunakan. Selain hanya simpel tapi juga mudah.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan Ctrl dan + pada keyboard laptop. Jadi kadang tanda + tidak akan muncul jika Anda tidak menekan tombol shift sebelumnya. Maka cara memperbesar layar laptop yajitu klik ctrl > shift > +
  • Untuk mengecilkan layar hanya tinggal klik Ctrl > shift > –
  • Klik tombol ctrl dan 0 secara bersama untuk kembali ke size normal.

4. Melalui Menu Peramban Web

Metode terakhir cara membesarkan layar laptop yakni dengan menu Peramban Web. Ya, metode ke empat ini mungkin belum banyak orang yang mencobanya dan melakukannya.

Maka dari itu, Anda juga bisa melakukannya dengan langkah mudah seperti ini.

  • Bukalah Peramban Web yang Anda inginkan misalnya Chrome, Firefox, dan Edge.
  • Selanjutnya Anda klik menu yang ada pada pojok kanan jendela. Pada umumnya Chrome, Firefox, dan Edge menunya terdapat di ikon titik 3 horizontal.
  • Kemudian klik + untuk memperbesar dan klik – untuk memperkecil.
  • Klik tombol ctrl dan 0 secara bersamaan untuk kembali ke size normal.

Seputar Laptop!

Sebelumnya Anda sudah tahu mengenai cara membesarkan layar laptop dengan berbagai metode di atas tadi. Kini selanjutnya akan membahas mengenai informasi seputar laptop.

Laptop sendiri merupakan sejenis komputer yang mempunyai ukuran lebih ringan, kecil, dan fleksibel. Sehingga lebih mudah Anda bawa kemana-mana. Kebanyakan laptop menggunakan layar LCD berukuran 10 hingga dengan 17 inci, tergantung ukuran laptop tersebut.

Berbagai macam jenis laptop yang bisa pengguna ketahui antara lain Asus, Acer, Apple, Dell, HP, Samsung, Sony, dan masih banyak lagi. Laptop pertama kali diciptakan oleh Adam Osborne tepatnya pada tahun 1981.

Hingga saat ini laptop terus mengalami perkembangan, mulai dari teknologi yang canggih, prosesor powerfull, desain lebih modern, hingga fitur yang semakin beragam dan kompleks.

Pada tahun 2020 laptop sudah mendukung jaringan teknologi 5G. Kemudian laptop sekarang ini hadir dengan duall screen dan layar lipat. Dual screen artinya laptop mempunyai dua layar, salah satunya keyboard bisa Anda sentuh dan digunakan sebagai ganti keyboard.

Fungsi dari Laptop!

Adanya laptop ini tentu mempunyai banyak fungsi dan manfaat bagi semua orang. Mulai dari memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan sekolah hingga pekerjaan kantor. Hal ini karena laptop didukung dengan fitur canggih dan lengkap.

Berikut beberapa manfaat dari laptop:

1. Meningkatkan Kreativitas Otak

Laptop sebenarnya bisa menaikan kreativitas pada otak Anda jika tidak bijak dalam menggunakanya. Namun jika Anda menggunakan laptop dengan bijak maka akan membantu meningkatkan kreativitas Anda dengan fitur canggih serta menarik Anda miliki.

2. Fleksibel Dan Mudah Dibawa

Komputer PC memang dirancang untuk Anda gunakan dalam rumah atau ruangan. Namun dengan adanya laptop bisa menjadi pilihan ketika Anda membutuhkannya guna membantu kegiatan selama di luar ruangan.

Ukuran yang tidak terlalu besar dan ringan akan membuat laptop sangat fleksibel serta mudah untuk Anda bawa. Fitur pada laptop juga hampir sama dengan komputer PC atau bahkan lebih unggul sehingga Anda tidak perlu khawatir.

3. Sebagai Media Hiburan

Manfaat dan fungsi lain dari laptop yaitu sebagai media hiburan. Jika Anda merasa lelah dengan pekerjaan Anda atau merasa bosan, Anda bisa membuka laptop untuk bermain game atau menonton film.

Bukan hanya itu saja, Anda bisa mendengarkan musik melalui laptop. Bagi Anda yang ingin menginstal aplikasi hiburan bisa mengunduh dan menggunakannnya di laptop.

Sudah tahu bukan cara membesarkan layar laptop dengan 4 metode di atas tadi, kini giliran Anda mencoba dan melakukannya ketika sedang kerja atau menjalani aktivitas belajar.