Cara Gadai Laptop di Pegadaian Tanpa Kwitansi
Cara Gadai Laptop di Pegadaian Tanpa Kwitansi

Cara Gadai Laptop di Pegadaian Tanpa Kwitansi Apakah Bisa?

Cara gadai laptop di pegadaian tanpa kwitansi bisa menolong Anda dalam keadaan darurat. Pasalnya laptop menjadi salah satu barang alternatif yang bisa Anda gadai guna memperoleh dana cepat.

Sama seperti HP, laptop merupakan barang elektronik yang berharga, mengingat nilai ekonomisnya dapat dikatakan cukup mahal. Banyak yang menganggap pilihan tersebut lebih nyaman sebab Anda dapat mengambil kembali barang tersbeut ketika telah melunasi pinjaman yang diambil di Pegadaian. Lantas, bagaimana cara menggadai laptop di Pegadaian tanpa menggunakan kwitansi? Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa simak ulasan berikut ini.

Cara Gadai Laptop di Pegadaian Tanpa Kwitansi

Jika Anda akan menggadai barang pribadi yang berharga, salah satunya laptop. Pasalnya Anda perlu sejumlah tahapan yang harus Anda lalui. Kwitansi merupakan salah satu komponen penting saat akan melakukan gadai suatu barang. Akan tetapi, apabila Anda tidak mempunyainya, apakah gadai barang masih bisa Anda lakukan? Berikut ini cara gadai laptop di Pegadaian tanpa aplikasi.

Membaca Syarat dan Ketentuan

Sebelum Anda melakukan cara gadai laptop di Pegadaian tanpa kwitansi, maka Anda perlu mengetahui syarat yang menjadi ketentuan Pegadaian. Perlu Anda ketahui bahwa syarat yang berlaku tidak rumit serta mudah. Pasalnya Anda hanya memerlukan membawa fotocopy KTP dan juga laptop atau barang yang akan Anda gadaikan. Perlu juga Anda melakukan pengisian sebuah formulir pada Pegadaian yang menjadi syarat tambahan.

Terdapat catatan penting untuk penggadai, dapat dipastikan bahwa laptop yang akan digadai masih mempunyai performa yang bagus. Untuk itu, sebaiknya Anda membawa kelengkapan laptop seperti charger beserta tas dan kwitansi pembelian barang. Adanya kwitansi akan menentukan taksiran sebuah harga gadai yang akan diberikan oleh pihak Pegadaian.

Tidak adanya kwitansi pihak Pegadaian akan merasa kesulitan dalam menentukan harga. Terlebih jika laptop yang akan Anda gadai keluaran lama. Maka pihak Pegadaian akan semakin sulit dalam memberikan taksiran harga. Dalam artian, apabila laptop yang akan digadaikan merupakan keluaran terbaru maksimal 3 tahun terakhir. Sehingga harga gadai yang diberikan Pegadaian dapat lebih tinggi.

Menyiapkan Dokumen

Untuk tahapan cara gadai laptop di Pegadaian tanpa kwitansi selanjutnya yaitu dengan menyiapkan dokumen apa saja yang diperlukan. Dokumen yang perlu Anda siapkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Dalam menyiapkan dokumen tidaklah sulit, sebab dokumen tersebut hanya memerlukan fotocopy KTP atau SIM serta formulir yang dapat Anda peroleh ketika melakukan pengajuan pada Pegadaian.

Mengenai persyaratan tentang dokumen tersebut secara umum telah berlaku pada Pegadaian yang ada di Indonesia. Adanya syarat yang tersirat yaitu peminjam harus berada pada usia yang legal yaitu 18 tahun. Hal tersebut memberikan sebuah pembuktian bahwa yang melakukan peminjaman bukan anak-anak usia di bawah umur.

Membawa Laptop dan Komponennya

Sejumlah Pegadaian bahkan memberlakukan sebuah peraturan yang cukup ketat untuk kelengkapan barang yang digadai. Salah satunya kwitansi juga termasuk ke dalam komponen wajib selain laptop serta charger. Sehingga pihak yang akan menggadai perlu memenuhinya.

Akan tetapi, jika Anda tidak mempunyainya. Maka Anda dapat melakukan gadai laptop Pegadaian. Berikut ini cara gadai laptop di Pegadaian tanpa kwitansi menjadi alternatifnya.

Anda bisa datang ke gerai tempat Anda membeli laptop sebelumnya, kemudian meminta kwitansi baru

Kemudian, Anda bisa mendatangi kantor Pegadaian terdekat serta Anda bisa memberitahu tujuan Anda

Lanjutkan dengan mengisi formulir, Anda bisa menyertakan KTP dengan laptop serta proses akan selesai

Apabila Anda tidak mempunyai kwitansi pembelian laptop, akan tetapi ingin melakukan Pegadaian. Pastinya bukan hal yang mustahil atau sulit. Kemudian, jika kwitansi pembelian laptop hilang,  maka Anda meminta kwitansi yang baru ke gerai tempat membeli laptop sebelum. Hal ini menjadi salah satu syarat wajib untuk Pegadaian yang ada di Indonesia. Faktor tersebut sangat menentukan dari harga gadai laptop yang akan Anda gadai.

Sebenarnya, cara gadai laptop di Pegadaian tanpa kwitansi hampir sama dengan prosedur untuk barang yang lain. Di beberapa tempat Pegadaian, Anda masih tetap dapat melakukan gadai tanpa memakai kwitansi dengan risiko harga laptop akan rendah. Sementara  tempat Pegadaian lainnya tidak bisa proses pengajuan penggadaian laptop tanpa kwitansi.