Cara Download VPN di Laptop
Cara Download VPN di Laptop

Cara Download VPN di Laptop, Privasi Terjamin Aman!

Cara download VPN di laptop menarik untuk Anda simak! Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini. Informasi bisa diakses secara mudah dan cepat. Meski begitu, tak jarang situs unggulan justru terkena banned karena suatu alasan.

Memakai VPN untuk membuka situs yang terblokir, tidak selalu merujuk pada hal-hal negatif. VPN juga bisa Anda gunakan untuk hal positif. Terutama dalam kepentingan bekerja maupun belajar.

Ketahui Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Download VPN di Laptop!

VPN atau Virtual Private Network merupakan sebuah teknologi, yang memungkinkan koneksi suatu jaringan publik. Agar bisa terkoneksi dengan jaringan lokal maupun pribadi. Secara sederhana, VPN memiliki arti jaringan internet dengan koneksi yang sifatnya sangat pribadi.

VPN menjadi perangkat yang mampu membuat koneksi internet semakin aman. Semua data yang melalui VPN ini juga terlindungi dengan baik. Akses web yang Anda lakukan lewat browser nantinya akan masuk ke server VPN. Sehingga IP komputer maupun ponsel pintar tidak akan terbaca di server publik.

Fungsi dari VPN sendiri adalah menjaga segala privasi, perihal semua data yang Anda akses. Sehingga pihak yang sering melakukan blokir, tidak mampu melacak data Anda di berbagai penyedia jaringan.

Rekomendasi VPN yang Paling Baik di Perangkat Laptop

Sebelum mengetahui cara download VPN di laptop, berikut ini kami paparkan beberapa rekomendasi yang bisa Anda pilih. Sehingga nanti, aplikasi yang terpasang pada perangkat sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Betternet

Betternet merupakan salah satu perangkat VPN yang sangat mudah pengoperasiannya. Anda dapat menggunakan layanan ini, hanya dengan satu klik saja. Bahkan setelah jaringannya terhubung, semua situs yang ingin Anda jelajahi bisa diakses dengan cepat.

Misalnya saja untuk mengakses Facebook atau ISP dan segala situs yang terkena blokir. Semua itu bisa terbuka tanpa gangguan. Betternet sendiri hadir dalam versi gratis serta premium. Tidak perlu cemas, menggunakan versi gratisnya tetap efektif menjaga privasi Anda.

2. VyprVPN

Selain terbukti canggih, VPN ini juga gratis untuk perangkat laptop. Bahkan, VyprVPN sudah memiliki lebih dari 700 server, di 70 lokasi berbeda. Selain itu, VyprVPN telah memiliki 200 ribu alamat IP.

Dengan menggunakan aplikasi VPN ini, Anda bisa mengakses berbagai situs yang terblokir seperti BBC, iPlayer dan Netflix. VyprVPN menerapkan teknologi Chameleon, yang mampu mem-bypass blok sensor di suatu negara.

3. Hotspot Shield

Anda bisa menggunakan aplikasi VPN ini, di perangkat laptop secara gratis. Dulunya, VPN Hotspot Shield ini, hanya dapat pengguna pakai untuk extension Google Chrome. Namun setelah hadir versi aplikasinya, semua situs bisa dengan mudah terakses.

Cara Download VPN di Laptop dengan Mudah

Selain menggunakan VPN di ponsel pintar, layanan ini juga bisa Anda pakai di laptop. Salah satu alternatif paling cepat adalah dengan Add-On melalui browser. Anda bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox serta Opera.

Sebagai contoh, silahkan masuk ke pengaturan browser yang Anda pilih. Bisa juga langsung menuju Chrome Web Store, untuk memperoleh extension VPN, atau Add-ons for Firefox. Cara lainnya adalah melalui pengaturan manual di perangkat laptop. Agar semakin jelas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, buka Windows lalu temukan menu Network & Internet.
  2. Buka dan pilih VPN.
  3. Aktifkan tombol on pada opsi Allow VPN over metered network.
  4. Selanjutnya, klik Allow VPN While Roaming.
  5. Pilih ikon (+) pada menu Add a VPN Connection.
  6. Kemudian pada jendela baru, ketikan informasi “Windows (built-in)”, tepat di kolom ‘VPN Provider’.
  7. Tulis informasi VPN di kolom ‘Connection Name’, sesuai aplikasi dan layanan VPN yang Anda pakai.
  8. Lakukan hal serupa di kolom Server Name or Address.
  9. Setelah itu, ketik username dan password.
  10. Terakhir, klik wi-fi di taskbar laptop, lalu pilih Connect VPN.

Cara Download VPN di Laptop Menggunakan Aplikasi

Jika Anda ingin memakai aplikasi VPN seperti yang tertera di atas. Maka perlu install emulator di laptop terlebih dulu.

  1. Silahkan mengunduh emulator melalui website resminya.
  2. Setelah terunduh, buka folder Downloads lalu temukan file emulator.
  3. Klik untuk menginstal aplikasinya.
  4. Setujui beberapa perjanjian lisensi, kemudian buka aplikasinya.
  5. Cari jenis aplikasi VPN sesuai yang Anda inginkan.
  6. Kemudian unduh dan install VPN seperti biasa.
  7. Selesai.

Nah, itu tadi cara download VPN di laptop yang bisa Anda ketahui. Meski cukup bebas dan aman, Anda tetap harus mewaspadai ancaman virus malware. Karena bisa merusak perangkat laptop. Semoga bermanfaat!