Cara Cek Kuota 3 Dengan Cepat

Cara Cek Kuota 3 Dengan Cepat Lewat SMS, Panggilan DLL

MAH Tekno.com – Cara cek kuota 3 bisa dengan mudah. Seperti yang diketahui, kehabisan paket internet secara tiba-tiba terkadang akan membuat kita merasa kesal. Terlebih lagi jika kita sedang menggunakan paket internetnya tersebut, seperti untuk meeting, kerja online, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu untuk mengantisipasi terjadinya kehabisan kuota secara tiba-tiba, alangkah lebih baiknya kalian cek kuota 3 nya terlebih dulu. Cara melakukannya tidak begitu sulit, akan tetapi jika kalian pengguna baru dan masih bingung bagaimana melakukannya.

Maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tutorial cek kuota 3 secara mudah dan cepat. Untuk itu silahkan kalian simak penjelasan secara lengkapnya dibawah ini.

Cara Cek Kuota 3 Dengan Mudah

Cara Cek Kuota 3 Dengan Mudah

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk cek kuota 3 secara mudah dan cepat. Nah berikut ini kami akan menjelaskan beberapa diantaranya yang bisa kalian ikuti untuk diterapkan sendiri menggunakan perangkat android maupun iOS yang tersemat provider 3 didalamnya.

Penasaran dengan beberapa caranya tersebut? langsung saja kalian simak ulasannya sebagai berikut ini :

1. Cek Kuota 3 Melalui Dial (Panggilan)

Cara pertama yang bisa kalian praktekan untuk cek kuota 3 yakni lewat dial atau panggilan. Jadi kalian harus melakukan panggilan ke nomor 111, bukan ke teman, kerabat, ataupun keluarga kalian. Nah untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkahnya seperti dibawah ini :

  • Pertama-tama silahkan buka bagian menu panggilan pada smartphone kalian
  • Berikutnya tekan *111# lalu klik opsi “Panggil atau Call”
  • Jika sudah ada notif, silahkan kalian pilih opsi “Cek Kuota” dengan mengetik nomor 4 lalu klik “Send atau Kirim”
  • Selanjutnya kalian pilih lagi menu “Kuota Data” jangan lupa untuk klik “Send atau Kirim”
  • Sekarang kalian bisa tekan “Send” pada bagian menu “Status & Info”
  • Klik “Send” kembali pada bagian “Cek Kuota”
  • Tunggu beberapa saat sampai sistem provider memberikan informasi mengenai sisa kuota yang kalian miliki tersebut
  • Selesai

Seperti itulah cara melakukan cek kuota 3 melalui metode dial (panggil). Jika tertarik, silahkan kalian praktekan sendiri caranya tersebut seperti yang sudah kami jelaskan barusan secara baik dan benar. Supaya prosesnya tersebut dapat berjalan secara maksimal serta tidak ada kendala apapun.

2. Cek Kuota 3 Lewat Metode SMS

Selain bisa dipraktekan melalui metode panggilan atau dial, mengecek kuota kartu 3 juga bisa kalian lakukan lewat sms. Jika ingin mengetahui caranya, langsung saja kalian simak penjelasan dibawah ini :

  • Langkah pertama, silahkan buka smartphone yang kalian miliki
  • Selanjutnya masuk ke bagian menu SMS
  • Tulis pada kolom pesan tersebut dengan format : Info Kuota
  • Jika sudah, sekarang kalian bisa kirim pesannya tersebut ke nomor 234
  • Terakhir kalia hanya menunggu balasan yang dikirimkan oleh sistem provider melalui nomor 234 tersebut
  • Nanti kalian akan mengetahui sisa kuota yang sudah dipaketkan sebelumnya
  • Selesai

Silahkan kalian lakukan cara mengecek kuota kartu 3 seperti yang kami jelaskan tadi, jika tertarik menggunakan metode kirim SMS. Namun jika kalian melakukan cara ini, nantinya akan dikenakan tarif potongan pulsa. Sehingga kalian pastikan terlebih dulu pulsa yang kalian miliki jumlahnya masih banyak. Jika habis, silahkan isi pulsa tersebut sebelum melakukan pengecekan paket data.

3.  Cek Kuota Internet 3 Melalui Aplikasi

Jika perangkat yang kalian masukkan kartu 3 didalamnya merupakan perangkat android dan iOS. Maka kalian bisa melakukan pengecekan paket kuota internetnya tersebut melalui aplikasi yang bernama Bima+.

Kalian bisa dengan mudah menemukan aplikasi tersebut pada layanan market resmi seperti Google Play Store dan juga Appstore. Berikut penjelasan lebih lengkapnya :

  • Langkah pertama, silahkan kalian buka market resmi Google Play Store ataupun Appstore pada perangkat yang digunakan
  • Selanjutnya tulis Bima+ di kolom pencarian market tersebut
  • Lakukan pengunduhan aplikasinya dengan cara klik unduh dan tunggu sampai prosesnya selesai
  • Jika sudah, sekarang buka aplikasinya dan lakukan registrasi menggunakan nomor 3 yang ada di perangkat tersebut
  • Setelah berhasil melakukan registrasi, sekarang kalian pilih menu Cek Kuota di halaman utama aplikasinya
  • Terakhir kalian akan mengetahui sisa dari kuota yang kalian miliki tersebut
  • Selesai

Selain bisa melakukan cek kuota, didalam aplikasi Bima+ juga kalian dapat melakukan berbagai aktifitas lainnya. Beberapa diantaranya yakni seperti mengisi pulsa, membeli paket data internet, dan yang lainnya. Sehingga bisa lebih praktis digunakan, karena bisa melakukan banyak transaksi hanya dalam satu aplikasi saja.

4. Cek Kuota 3 Melalui Situs Atau Web

Jikalau perangkat yang kalian gunakan cukup penuh ruang penyimpanannya untuk menyimpan aplikasi Bima+, maka kalian perlu coba cara cek kuota 3 berikutnya yakni melalui situs atau web. Nah jika kalian mengetahui caranya, kalian bisa simak uraian penjelasan berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan aktifkan data internet pada smarthone kalian
  • Selanjutnya buka browser atau mesin penelusuran lainnya seperti google dan juga chrome
  • Lalu silahkan akses alamat tri.co.id
  • Jika berhasil mengaksesnya, kalian bisa masukkan nomor 3 yang ingin di cek kuotanya
  • Kemudian masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke nomor tersebut melalui sms
  • Jika sudah, maka kalian akan mengetahui jumlah sisa paket kuota internet 3 tersebut
  • Selesai dan selamat mencoba

Begitulah kira-kira cara mengecek kuota melalui website atau situs tri.co.id. Namun jika kuota kalian habis dan bingung cara mengecek lewat situsnya bagaimana, kalian bisa tethring atau hotspot dengan teman sebentar untuk mengaksesnya. Dan pastikan sinyal jaringan yang dimiliki oleh teman tersebut juga cukup stabil alias tidak buruk.

Itulah tadi empat cara yang bisa kalian praktekan untuk mengecek kuota 3 secara mudah dan cepat. Sebenarnya masih ada banyak cara lainnya juga yang bisa kalian lakukan untuk melakukan cek kuota tersebut. Akan tetapi kami hanya memberikan penjelasan cara-cara yang cukup mudah dilakukan saja, supaya kalian juga tidak bingung melakukannya.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Cek Kuota 3

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Cek Kuota 3

Ada beberapa hal penting yang harus kalian perhatikan pada saat melakukan pengecekan kuota internet 3 tersebut. Jika kalian memperhatikan beberapa hal ini tentunya akan lebih mudah untuk mempraktekannya. Begitu juga sebaliknya, jika mengabaikan, maka proses pengecekannya tersebut tidak berjalan secara efektif.

Lantas, hal apa sajakah yang harus diperhatikan untuk mengecek kuota 3 tersebut supaya berjalan secara optimal? Jika kalian ingin mengetahuinya, maka langsung saja simak rangkuman penjelasan berikut ini :

1. Sinyal Harus Stabil

Hal pertama yang harus kalian perhatikan ketika mengecek kuota 3 yakni harus memiliki sinyal yang cukup stabil. Jika kalian memiliki sinyal yang bagus atau stabil, maka proses pengecekan kuotanya tersebut juga bisa berjalan lebih secara cepat tanpa memerlukan waktu yang begitu lama.

Begitu juga sebaliknya, jika perangkat kalian sinyalnya buruk maka akan sangat sulit untuk melakukan pengecekan paket kuota yang sudah didaftarkan sebelumnya. Nah solusinya adalah kalian bisa pergi ke suatu tempat untuk mencari sinyal yang banyak, supaya bisa melakukan proses cek kuota 3 tersebut.

2. Memiliki Cukup Pulsa

Selain sinyal, pulsa juga sangat penting untuk melakukan pengecekan kuota. Sebab jika kalian melakukan pengecekan kuota dengan metode SMS, maka akan ada tarif pulsa yang secara otomatis akan terpotong dari provider 3 kalian.

Akan tetapi jika kalian tidak memiliki pulsa, kalian tidak perlu khawatir. Sebab bisa menggunakan cara lain yakni metode dial. Metode dial tersebut merupakan salah satu yang paling populer digunakan untuk mengecek kuota 3, karena transaksinya dapat dilakukan secara mudah tanpa adanya potongan biaya sepeserpun.

FAQ

Apakah Kuota 3 Akan Hilang Setelah Diisi Paket Baru?

Jika kalian ingin mengisi paket data internet maka paket yang sebelumnya sudah diisi tidak akan habis. Jadi paketnya tersebut akan bertambah lagi dan yang sudah didaftarkan tersebut tidak akan hangus, kecuali masa aktifnya telah habis.

Apakah Paket Internet 3 Dapat Diakumulasi?

Untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pengguna provider 3. Pihak developer memberikan  ketentuan bahwa paket yang sebelumnya telah habis masa aktifnya, bisa kembali diakumulasi pada paket yang akan diisi berikutnya.

Apakah Mengisi Paket Internet Dapat Menambah Masa Aktif Kartu?

Jika kalian mengecek kuota dan ingin mengisi ulang kembali paket tersebut, maka masa aktif dari kartu provider 3 kalian tidak akan ikut bertambah. Jadi, apabila masa aktif dari kartu tersebut habis dan paketnya baru saja didaftarkan, maka paket internet tersebut tidak akan bisa kalian nikmati kecuali kalian memperpanjang masa berlaku providernya.

Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Provider 3

Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Provider 3

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang tersemat pada kartu 3 sebagai provider favorit semua orang. Nah berikut ini kami akan jelaskan ke kalian apa saja kelebihan dan kekurangannya tersebut. Oleh karena itu bagi kalian yang penasaran, maka silahkan simak rangkumannya sebagai berikut :

Kelebihan

  • Masa aktif kartu yang sangat panjang, sehingga tidak perlu khawatir kartunya tersebut akan cepat tidak berlaku
  • Harga paket yang ditawarkan relatif lebih murah ketimbang provider lainnya
  • Kecepatan internet yang super cepat, sehingga sangat nyaman untuk internetan sepanjang hari
  • Paket internet dapat diakumulasi sehingga akan memudahkan semua penggunanya dalam melakukan transaksi pembelian paket internet tersebut
  • Dan lain sebagainya

Masih ada banyak kelebihan lainnya yang tidak bisa kami sebutkan, nah jika kalian ingin merasakan manfaat dari semua kelebihannya tersebut. Silahkan pakai dan rasakan sendiri kartunya.

Kekurangan

Meskipun ada banyak kelebihannya, namun didalam provider 3 ini juga tersemat beberapa kekurangan atau kelemahan. Lalu, apa sajakah kekurangan yang dimiliki oleh kartu provider 3? Berikut rangkumannya :

  • Pihak provider sangat jarang memberikan bonus ke penggunanya
  • Tidak semua daerah dapat diakses kartu 3. Dalam artian masih ada beberapa wilayah yang sinyal providernya sangat jelek menggunakan kartu tersebut
  • Dan lain-lain

Mungkin itulah sedikit kekurangan yang dimilii oleh provider 3. Kekurangan ini sebenarnya tidak begitu penting bagi kebanyakan orang, akan tetapi jika wilayah kalian tidak bisa diakses maka sia-sia penggunaannya.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Cek Kuota 3 secara mudah dan cepat. Semoga dengan adanya penjelasan ini, kalian akan lebih mudah dalam melakukan pengecekan kuota tersebut, dapat bermanfaat, serta menambah wawasan kalian.

Terimakasih telah menyimak semua ulasan kami tersebut, mohon maaf apabila masih ada beberapa kekurangan pada saat menyampaikan penjelasannya. Pantau terus web kami untuk mendapatkan ulasan terbaru lainnya. Jika ada beberapa pertanyaan yang ingin kalian ajukan, silahkan tulis dikolom komentar.