Cara Aktifkan Keyboard Laptop
Cara Aktifkan Keyboard Laptop

Cara Aktifkan Keyboard Laptop yang Mudah dan 100% Berhasil

Cara aktifkan keyboard laptop ketika tiba-tiba ngadat sebenarnya mudah bahkan bisa Anda lakukan sendiri di rumah, bahkan hampir tanpa biaya,. Jadi, lebih hemat budget karena tak perlu membawanya ke tukang service.

Supaya mendapat penanganan tepat, maka harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Dengan demikian keyboard akan kembali berfungsi dalam waktu singkat karena ternyata durasi memperbaikinya tak sampai 7 menit.

4 Cara Aktifkan Keyboard Laptop Termudah dan Layak Coba

Munculnya gangguan pada sistem laptop kerap menjadi penyebab keyboard terkunci sehingga Anda kesulitan mengoperasikan laptop. Keyboard merupakan salah satu komponen terpenting yang memungkinkan para pengguna untuk melakukan input karakter.

Karena sering dipakai, wajar apabila suatu saat mengalami kerusakan. Tak usah panik dan buru-buru membawa perangkat ke jasa service. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Periksa Numlock Keyboard

Penyebab ini sering terjadi, namun pengguna justru tidak menyadarinya. Ketika mengetik, bisa jadi Anda menekan tombol F11 atau Numlk.

Untuk mengetahuinya, silahkan melakukan pengecekan dengan cara menekan tombol FN dan Numlk secara bersamaan. Ini menjadi cara jitu supaya keyboard berfungsi sebagaimana mestinya.

Bila cara tersebut belum juga berhasil, silahkan mencoba cara menggunakan keyboard on screen berikut ini.

  • Silahkan mengarahkan kursor pada menu Windows, selanjutnya pilih saja menu Setting, dan lanjutkan mengklik Ease of Acces.
  • Sebagai cara aktifkan keyboard laptop karena tak sengaja menekan tombol F11 adalah lanjutkan dengan memilih menu Interaction kemudian klik menu Keyboard.
  • Bila sudah, selesaikan tutorial ini dengan menekan opsi Use the On Screen Keyboard untuk mengaktifkan tombol.

Selain menekannya, Anda juga bisa mengandalkan fitur perintah suara untuk mengaktifkan tombol keyboard on screen. Hanya saja terlebih dahulu harus mengaktifkan fitur Cortana.

Melalui Setting Perangkat

Cara mengaktifkan keyboard yang tidak berfungsi berikutnya adalah memeriksa pengaturan keyboard. Kesalahan dalam mengatur Setting atau Pengaturan adalah yang umum terjadi.

Biasanya ada ketidaksengajaan mengaktifkan fitur yang seharusnya mati. Misal fitur Filter Keys yang terdapat pada menu Ease of Access.

Untuk mengetahui kepastiannya, silahkan lakukan pengecekan di menu Setting. Tutorial sebagai panduan selengkapnya adalah:

  • Terlebih dahulu silahkan mencari menu Windows kemudian arahkan kursor ke menu tersebut barulah mengkliknya.
  • Selanjutnya cari dan temukan menu Control plane, dan silahkan klik menu tersebut.
  • Bila sudah, pilih opsi Ease of Access.
  • Masuk di jendela menu Ease of Access, silahkan tap menu Icon make the keyboard easier to use.
  • Nanti, akan tampil laman yang berisi penuh tanda centang. Tugas Anda adalah meniadakan tanda centang yang ada di menu Pengaturan tersebut.

Bila tahapan yang Anda lakukan benar, maka tombol keyboard bisa berfungsi kembali.

Merestart Laptop

Cara ini umum digunakan ketika terjadi masalah tiba-tiba keyboard tak berfungsi. Banyak kasus laptop ngelag atau ngebug, namun bisa teratasi dengan merestartnya.

Opsi pertama menggunakan cara ini adalah dengan mengandalkan kursor dan tombol. Langkah merestartnya adalah silahkan mengarahkan panah kursor pada menu Windows.

Menu ini terdapat di pojok kiri bawah layar atau di tengah. Bila sudah menemukannya, lanjutkan dengan mengklik menu Restart dan laptop akan mati kemudian menyala sendiri secara otomatis.

Cara restart yang berikutnya juga tak kalah mudah. Anda bisa menggunakan kombinasi 2 tombol, yakni ALT dan F4. Silahkan menekan kedua tombol dalam waktu bersamaan. kemudian pilih opsi Restart.

Adapun kombinasi tombol yang lain adalah menekan bersamaan tombol CTRL + ALT + DEL, atau dengan kombinasi tombol Windows + U + U. Jika berhasil menekan tombol kombinasi maka laptop akan melakukan restart secara otomatis.

Meski bisa menjadi pilihan, namun sebaiknya tidak menggunakan tombol power untuk langsung mematikan laptop. Ini berbahaya dan bisa menimbulkan kerusakan fatal pada perangkat nantinya.

Namun, bila cara aktifkan keyboard laptop dalam ulasan tadi belum juga membantu, sesekali boleh mengikuti cara ini. Tetapi ingat, jangan terlalu sering.

Membersihkan Kotoran yang Nempel di Keyboard

Tak boleh anggap sepele debu atau kotoran yang menempel di keyboard. Namun fakta yang sering terjadi di lapangan adalah membiarkan debu terselip di sela-sela keyboard.

Padahal ini menjadi salah satu penyebab mengapa keyboard  tidak berfungsi dengan baik. Apalagi keseharian Anda hampir berkutat dengan laptop.

Sebagai antisipasi, silahkan rutin membersihkan keyboard. Akan lebih baik lagi sebelum menggunakannya selalu dibersihkan dahulu. Gunakan sikat gigi berbulu lembut, tisu kering, atau tusuk gigi untuk menjangkau sela-sela keyboard yang terdalam. Ingat, harus ekstra hati-hati supaya tidak memicu kerusakan lain.

Apakah Anda menemukan cara lain sebagai upaya aktifkan keyboard laptop? Apapun caranya yang terpenting aman digunakan. Biasanya cara dalam ulasan tadi berhasil 100% untuk membuat keyboard berfungsi kembali.