Cara menghemat kuota saat Zoom
Cara menghemat kuota saat Zoom

7 Cara Menghemat Kuota Saat Zoom

Siapa yang tidak tahu dengan Zoom sekarang ini, layanan video telekonferensi yang bisa digunakan untuk rapat online. Namun, penggunaannya dalam waktu yang lama bisa memboroskan kuota internet. Lalu, bagaimana Cara Menghemat Kuota Saat Zoom?

Agar tidak terlalu menghabiskan kuota, maka harus tahu cara menghemat kuota di Zoom. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya saja dengan menonaktifkan video ketika tidak terlalu dibutuhkan. Cara-cara selengkapnya bisa dicek di bawah ini.

Cara Menghemat Kuota Saat Zoom

1. Menonaktifkan Video

Meskipun Zoom adalah aplikasi telekonferensi video, namun tidak serta merta mengharuskan pengguna untuk selalu mengaktifkan video. Jika tidak membutuhkannya, maka tidak perlu mengaktifkan video, karena bisa menghabiskan kuota dengan cukup banyak.

Saat mengikuti meeting online yang tidak terlalu formal, dan tidak mengharuskan peserta untuk mengaktifkan video, segera nonaktifkan video. Cara ini bisa menghemat kuota dengan sangat signifikan, jadi tidak akan terlalu boros.

2. Matikan Video HD

Cara menghemat kuota saat Zoom berikutnya adalah dengan tidak menggunakan video dengan resolusi HD. Zoom memang memiliki fitur yang memungkinkan pengguna bisa menentukan sendiri resolusi video yang ingin digunakan.

Namun jika memang ingin berhemat kuota internet, disarankan untuk menggunakan resolusi yang biasa saja. Semakin tinggi kualitas video, maka semakin banyak juga kuota internet yang digunakan, begitu pula sebaliknya.

3. Gunakan Layar Lebih Kecil

Selanjutnya, disarankan untuk memilih tampilan layar yang lebih kecil, khususnya untuk pengguna iOS (iPhone dan iPad). Bersumber dari laman resmi Zoom, menggunakan layar yang penuh butuh bandwidht yang besar, yang bisa memboroskan kuota internet.

4. Matikan Audio

Selain menonaktifkan atau mematikan video saat tidak membutuhkannya, mematikan audio juga bisa menghemat kuota internet. Meskipun tidak terlalu signifikan, namun cara ini bisa dicoba, setidaknya bisa membantu mengurangi konsumsi internet saat Zoom.

Jadi, jika memang tidak sedang bicara, usahakan untuk mengaktifkan fitur MUTE saat Zoom. Disarankan juga untuk menggunakan panggilan telepon daripada menggunakan audio komputer saat rapat sedang berlangsung.

5. Gunakan Perekaman Cloud

Untuk host, bisa menggunakan opsi perekaman cloud untuk menghemat kuota internet. Nantinya, rekaman tersebut akan langsung dikirim ke layanan Video on Demand Cornell, jadi tidak perlu lagi diunggah ke komputer.

Mengunggah rekaman Zoom langsung ke perangkat tentu menghabiskan kuota yang tidak sedikit. Disarankan untuk tidak melakukan hal ini jika ingin menghemat kuota saat Zoom.

6. Gunakan Dokumen Kolaboratif Online

Daripada berbagai layar, disarankan untuk menggunakan dokumen kolaboratif online. Layanan seperti Office Online Documents, Google Apps dan Box Note bisa dimanfaatkan untuk membuka sekaligus mengedit file.

Layanan-layanan di atas terbukti hanya akan menghabiskan sedikit data saja, jadi kuota internet bisa dihemat dengan baik. Tentu lebih baik daripada streaming video, yang biasanya akan menghabiskan data yang tidak sedikit.

7. Jangan Jalankan Aplikasi Padat Data

Maksudnya, saat membuka Zoom, disarankan untuk tidak menjalankan aplikasi yang cenderung mengonsumsi banyak data. Misalnya saja dengan membuka situs streaming musik dan video, membuka situs dengan konten dinamis dan lain sebagainya.

Tentunya, selain bisa menghemat kuota dengan baik, hal ini juga bisa memaksimalkan kinerja Zoom. Tentunya, jika ada aplikasi lain dijalankan bersamaan dengan Zoom, sedikit banyak akan mengganggu kinerjanya, sehingga tidak bisa berjalan dengan smooth.

Ikuti cara menghemat kuota saat Zoom di atas jika tidak ingin kuota internet Anda jebol setiap kali mengikuti Zoom Meeting. Apalagi jika Zoom Meeting tersebut dilakukan dalam waktu yang lama, misalnya saja lebih dari 1 jam.